Home DPRD Seruyan SDM Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Seruyan Harus Ditingkatkan

SDM Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Seruyan Harus Ditingkatkan

  Redaksi   | Selasa , 28 September 2021
5279bd271738496b6c1881d8c03a31dc.jpg
Wakil Ketua I DPRD Seruyan, H Bambang Yantoko.

KLIK.SAMPIT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan mendorong pemerintah setempat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kabupaten itu.

Wakil Ketua I DPRD Seruyan, H Bambang Yantoko mengatakan, di era modern seperti sekarang peningkatan kualitas SDM pelaku UMKM di Bumi Gawi Hatantiring ini sangat perlu dilakukan. Hal tersebut bertujuan agar hasil produksi yang dihasilkan memiliki kualitas dan berdaya saing tinggi sehingga minat permintaan barang pun akan meningkat.

“ Pemerintah harus senantiasa hadir di tengah-tengah pelaku UMKM sesuai tugas dan fungsinya, yang tak kalah penting menurutnya pemerintah harus memberikan pelatihan kewirausahaan sesuai dengan perkembangan zaman,” ucapnya.

Disampaikannya, pelaku UMKM masyarakat saat ini tengah mengalami kesulitan bahan baku, permodalan, dan penjualan. Sehingga dengan adanya dukungan dari pemerintah diharapkan mampu membantu penggiat produksi rumahan tersebut agar tetap kuat, ditambah lagi dengan pandemi Covid-19 sebagian sektor usaha meraka terimbas.

Lanjutnya, dalam peningkatan kualitas SDM sangat ditekankan agar terhubung dengan ekosistem digital. Sesuai dengan perkembangan zaman saat ini, manusia dituntut untuk bisa teknologi. Sehingga kaitannya dengan sektor UMKM ialah untuk mempermudah baik dari akses pemasaran digital marketing maupun akses pembiayaan dan pencatatan laporan keuangan yang sudah berbasis aplikasi.

“Teknologi di zaman sekarang sudah sangat modern sehingga bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM ini, tinggal hanya mereka perlu keterampilan untuk menguasai itu. Saya harap pemerintah ikut andil dalam hal ini, kaitannya sebagai upaya peningkatan SDM yang saya maksud,” tuturnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami