Home Pemerintah Kotawaringin Timur Menjaga Ekosistem Sungai, 1.000 Ekor Bibit Ikan Jelawat Dilepas di Desa Tumbang Gagu

Menjaga Ekosistem Sungai, 1.000 Ekor Bibit Ikan Jelawat Dilepas di Desa Tumbang Gagu

  Dwi Cahyo Agung   | Kamis , 11 November 2021
4651dc633a5ab253fcd4707185837699.jpg
Bupati Kotim, Halikinnor saat berbincang dengan Kades Tumbang Gagu, Timbang, di Dusun Satiruk Sungoi, Rabu (10/11).

KLIK.SAMPIT— Dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan di Desa Tumbang Gagu, Kecamatan Antang Kalang, Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor, melepaskan 1.000 ekor bibit ikan jelawat. Ini sebagai upaya agar ikan yang menjadi ikon Kotawaringin Timur itu tetap lestari.

"Dalam kunjungan ini selain upacara hari pahlawan di Betang Tumbang Gagu, kami juga memberikan bantuan sembako serta pelepasan bibit ikan jelawat atau masyarakat sini biasa menyebutnya manjuhan,” kata Halikin, saat ditanya dirumah kelapa desa Tumbang Gagu, Rabu (12/11).

Ia berharap dengan pelepasan bibit jelawat di alam bebas, ikan ini dapat berkembang biak. Sebab karakter ikan jelawat ini hidup di alam terbuka atau liar.

“Total pelepasan bibit ikan jelawat ini sebanyak 1.000 ekor dan mudah-mudahan bisa sesuai dengan ekositemnya serta dapat berkembang biak, karena ikan jelawat merupakan ikon kita,” ujarnya.

Kegiatan ini menurutnya, merupakan upaya pemerintah dalam menanggulangi penurunan hasil penangkapan ikan di perairan umum, baik secara kualitas dan kuantitas. Selain itu, adanya kesadaran bahwa perlunya pemanfaatan perairan untuk perkembangan kegiatan perikanan berbasis budidaya.

Halikin juga mengajak masyarakat Desa Tumbang Gagu untuk  memelihara dan membudidayakan ikan jelawat tersebut. Sebagai upaya pemberdayaan masyarakat khususnya di sektor perikanan. Sehingga masyarakat dapat menambah penghasilan dan meningkatkan perekonomian desa

“Saya sudah perintahkan dinas perikanan untuk mengembangbiakkan ikan jelawat ini, dan masyarakat bisa berkordinasi dengan kepala desa apabila ada yang ingin membudidayakan ikan jelawat ini, dapat dibantu bibitnya,” kata Halikin.

Untuk diketahui, Bupati Kotim, Halikinnor, melakukan kunjungan kerja ke pedalaman paling jauh yaitu ke Desa Tumbang Gagu dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2021.  Ini merupakan kunjungannya pertama kali ke desa tersebut yang merupakan desa terakhir di wilayah Utara kabupaten itu.

Kunjungan tersebut dilakukan untuk meninjau jalur darat yang baru berfungsi pada tahun ini, dan juga melihat cagar budaya Betang Tumbang Gagu serta melihat keasrian hutan yang berada di Desa Tumbang Gagu, Kecamatan Antang Kalang. (KLIK.RED)

Baca Juga

Ikuti Kami