Home Pemerintah Pemprov Kalteng Sekda Kalteng Dorong Program Restorasi Gambut

Sekda Kalteng Dorong Program Restorasi Gambut

  Redaksi   | Jumat , 13 Mei 2022
3643592043ae400e5807db5171b4914a.jpg
Sekda Kalteng, Nuryakin.

KLIK. PALANGKA RAYA - Sekda Kalimantan Tengah, Nuryakin menyebutkan, kondisi gambut di wilayah provinsi itu memerlukan perhatian khusus. Sebab kondisi ekosistem gambut yang ada saat ini telah memasuki kondisi di bawah baku mutu atau telah mengalami kerusakan.

Sebagian kata dia, dalam kondisi kering karena adanya upaya pengurasan air gambut secara besar-besaran melalui pembangunan kanal-kanal dengan berbagai macam tujuan, seperti halnya budidaya yang dilakukan oleh masyarakat ataupun perusahaan, ilegal logging, dan lain sebagainya.

"Itukan akan membuat gambut menjadi kering, dan menimbulkan bencana kebakaran dan kabut asap yang sering terjadi di Kalteng," kata dia.

Solusinya tentu harus melalui restorasi atau pemulihan gambut sebagai program jangka panjang untuk mengembalikan fungsi ekologi pada ekosistem gambut dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terkena dampak dari lahan gambut yang terdegradasi. 

Pemulihan lahan gambut tentu tidak dapat berjalan begitu saja. Diperlukan langkah-langkah yang tepat untuk sampai pada kondisi lahan gambut yang baik, mulai dari wilayah mana saja yang akan direstorasi, siapa yang akan melakukan restorasi, hingga tahap pencapaian tujuan dari restorasi itu sendiri.

"Sebetulnya sudah ada program, seperti Rewetting, Revegetasi dan Revitalisasi Ekonomi serta program Desa Mandiri Peduli Gambut, jadi tinggal dimaksimalkan saja," paparnya. 

Nuryakin menambahkan, untuk keberhasilan program restorasi gambut memerlukan dukungan semua pihak, baik Pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, masyarakat, pelaku usaha dan lain sebagainya. 

"Pemerintah provinsi sangat mengharapkan program restorasi gambut dapat terlaksana sebaik-baiknya," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami