Home Pemerintah Barito Timur Dinas PUPR Kalteng Siapkan Posko Pemantauan Lapangan Lalu Lintas selama Nataru

Dinas PUPR Kalteng Siapkan Posko Pemantauan Lapangan Lalu Lintas selama Nataru

  Redaksi   | Selasa , 21 Desember 2021
5bb3a55c02a2e4c1cb8fb9137be7ca18.jpg
Kepala Dinas PUPR Kalteng, Shalahuddin.

KLIK. PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penantaan Ruang (PUPR) Kalteng, Shalahuddin mengatakan, tim dari dinasnya sudah siap membentuk 15 posko atau titik pemantauan di lapangan yang tersebar di sejumlah wilayah Kalteng untuk mengawal kelancaran arus lalu lintas selama Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Posko-posko lebih persifat pelayanan dan penanganan karena satuan tugas yang diturunkan akan bertugas untuk antisipasi potensi banjir dan longsor, dengan menyiapkan personil serta alat berat untuk penanganan darurat.

“Pelayanan dan pemantauan juga diarahkan untuk kondisi jalan, terutama di musim penghujan seperti saat ini di mana berpotensi terjadi angin kencang dan cuaca ekstrem lainnya,” kata Shalahuddin. 

Adapun sejumlah ruas jalan menjadi titik pemantauan satgas melalui posko terpadu, antara lain ruas jalan Bukit Rawi, jalan arah Kuala Kurun dan ruas jalan menuju ke arah wilayah Barito, yang dinilai aktivitas lalu lintasnya cukup ramai pada saat Nataru.

“Kemudian ruas jalan menuju Kotawaringin Lama dan Pangkalan Bun, yang terkoneksi Jalan Simpang Kenawan-Riam Durian, ruas jalan Sampit-Ujung Pandaran hingga Kuala Pembuang,” katanya. 

Selain itu posko juga dibangun untuk memantau ruas jalan Pelantaran-Parenggean-Tumbang Sangai-Tumbang Kalang, ruas Jalan Simpang Pundu-Tumbang Samba, ruas jalan provinsi dalam kota, ruas jalan Pulang Pisau-Pangkoh-Bahaur, ruas jalan Kuala Kapuas-Palingkau-Dadahup-Lamunti dan lainya.

“Tim terpadu di posko juga memantau, ruas ruas Jalan Simpang Patas-Tabak Kanilan, ruas Jalan Yos Sudarso-Jalan Sudirman Puruk Cahu dan Muara Teweh,” kata dia.

Ditambahkan Shalahuddin, dalam hal ini pihaknya berkoordinasi dengan Polda Kalteng terkait posko pengamanan jalan, di samping berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan pihak Balai agar bantuan dan penanganan dapat dilakukan dengan cepat.

“Pemprov terus berupaya untuk pemantauan ruas jalan guna melayani masyarakat kami siapkan, sehingga masyarakat dapat nyaman dalam beraktivitas, termasuk menerima informasi dari masyarakat,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami