Home News Metropolis Sidak Pasar di Sampit, BPOM Hanya Temukan Mamin Kemasan Rusak

Sidak Pasar di Sampit, BPOM Hanya Temukan Mamin Kemasan Rusak

  Muhamad Oktavianto   | Rabu , 27 Maret 2024
365822c774926b05fd645b250bb24bbf.jpg
Petugas dari BBPOM Palangkaraya dibantu Satpol PP dan instansi lainnya saat memeriksa bahan makanan dan minuman di salah satu tempat perbelanjaan di Sampit, Rabu (27/3).

KLIK.SAMPIT - Balai Bedar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Palangkaraya melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah swalayan, tempat perbelanjaan dan supermarket di Kota Sampit, Rabu (27/3). Hasilnya, petugas gabungan tak banyak mendapatkan barang makan dan minuman yang menjadi sasaran. Petugas hanya menemukan sejumlah barang dengab kemasan rusak. 

Ketua Tim Kerja BBPOM Palangkaraya Etik Sumardani mengatakan, sidak ini dilakukan untuk mengecek makanan dan minuman yang ada di sejumlah swalayan yang ada di Kota Sampit. Guna menjamin dan melindungi kesalamatan dan kenyamanan konsumen.

Dirinya mengatakan sidak ini dilakukan bersama tim gabungan dari sejumlah instansi terkait baik dari Dinas Perdagangan Kotim, Dinas Kesehatan Kotim, Satpol PP Kotim.

"Kegiatan ini rutin yang selalu dilaksanakan pada saat Ramadan untuk pengamanan sarana distribusi pangan olahan di Kota Sampit," kata Etik Sumardani 

Dalam sidak kali ini petugas tidak banyak menemukan makanan atau minuman tidak layak konsumsi. Hanya saja petugas menemukan makanan dan minuman dengan kemasan rusak.

"Perkembangan dari tahun ke tahun semakin membaik di Kota Sampit ini. Dulu banyak ditemukan produk tanpa izin edar dan kedaluwarsa, tahun ini menjadi lebih baik, hanya ditemukan banyak kemasan rusak saja, seperti kaleng penyok," jelasnya. 

Meski demikian warga tetap diimbau untuk selalu waspada dan teliti ketika membeli makanan atau minuman. Dengan melakukan pengecekan label atau kemasan dan tanggal kedaluwarsa sebelum membeli produk. 

"Masyarakat harus lebih waspada, dengan melakukan pengecekan label, kemasan, cek tanggal kedaluwarsa dan izin edar untuk memastikan keamanan makanan dan minuman tersebut," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami