Home Pemerintah Seruyan Minat Baca Turun, Seruyan Gagas Perpustakaan Digital

Minat Baca Turun, Seruyan Gagas Perpustakaan Digital

  Elit Badriyah   | Kamis , 20 Januari 2022
c399eb757eb5e62cbf86d9e62cb17129.jpg
Kepala Dinas Perpustakaan Seruyan, Masrohim, saat ditemui di Perpustakaan Daerah Kuala Pembuang, Seruyan (20/1).

KLIK. SERUYAN - Minat baca masyarakat di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan dinilai turun. Berbagai upaya pun dilakukan Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Perpustakaan Daerah Kuala Pembuang. Salah satunya membuat perpustakaan digital 

"Adapun rencana adanya program digital karena menyesuaikan modernisasi supaya minat baca bagi kalangan pelajar maupun masyarakat meningkat," ungkap Kepala Perpustakaan Daerah Kuala Pembuang, Masrohim, saat diwawancarai awak media, Kamis (20 /1).  

Menurut Masrohim, salah stau faktor yang turut andil dalam turunnya minat baca masyarakat, yakni perkembangan teknologi saat ini. Berbagai keperluan informasi dan hiburan bisa diakses lewat gawai. Namun tak dibarengi dengan literasi digital. 

Sebab itu perpustakaan akan mencoba hadir dalam layanan digital. Sehingga, masyarakat tak mesti membaca buku dengan datang ke perpustakaan tapi bisa lewat gawai atau smartphone. 

Biasanya pengunjung selalu saja ada ke perpustakaan . Terutama bagi kalangan pelajar dan mahasiswa. Mereka datang meminjam buku sesuai dengan minat dan keperluannya. 

"Biasanya yang datang ke perpustakaan daerah dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Buku yang dipinjam sesuai kebutuhan pelajar maupun mahasiswa namun biasanya yang paling digemari berupa novel," ujarnya. 

Menurut Masrohim, pada dasarnya buku adalah salah satu sumber informasi dan pengetahuan namun kemajuan zaman membuat kurangnya minat baca. Sehingga buku juga harus bertransformasi dari buku versi cetak menjadi versi digital. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami