Home Pemerintah Kotawaringin Barat Ratusan Pelajar di Kobar Ikuti Lomba Keterampilan Bari Berbaris Komandan Pos TNI AL Kumai

Ratusan Pelajar di Kobar Ikuti Lomba Keterampilan Bari Berbaris Komandan Pos TNI AL Kumai

  Redaksi   | Sabtu , 04 Desember 2021
3b5a8d006f8be9c955976b01aa7cfb88.jpg
Para peserta Lomba Keterampilan Baris Berbaris Pos TNI AL Kumai, saat pembukaan.

KLIK. PANGKALAN BUN - Ratusan pelajar SMP dan SMA se-Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti Lomba Keterampilan Baris Berbaris Pertama (LKBB-1). Kegiatan ini digelar dalam rangka memperebutkan piala bergilir Komandan Pos TNI-AL (Danposal) Kumai Jajaran Lanal Banjarmasin.

Bertempat di Lapangan Senggora, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), lomba ini dihadiri Staf Ahli Bupati Kobar Bambang Djatmiko Trikora, Danramil 1014/02 Kumai Kapten Inf Ahmad Zubaidi, Sekcam Kumai Ajeli Rahman, dan sejumlah tamu undangan. 

Kegiatan LKBB-1 diikuti sebanyak 30 perwakilan peserta, masing-masing tim diisi 16 orang, sehingga total pelajar yang terlibat lomba sebanyak 480 siswa. Bahkan di antara peserta ada yang berasal dari sekolah asal Kecamatan Arut Utara. 

Komandan Pos TNI AL Kumai, Letda (p) Rio Kusuma mengakatatan, lomba baris-berbaris ini dilaksanakan guna menyemarakkan HUT Armada di tahun 2021. 

Ia menjelaskan, peraturan baris-berbaris (PBB) merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang biasa dilaksanakan di sekolah. 

Kegiatan ini bermanfaat sebagai wadah pembentukan karakter. Melalui PBB, para siswa diajarkan menjunjung tinggi sikap hormat, sopan, disiplin, bertanggungjawab, serta berbudi pekerti luhur. 

Pihaknya berharap dengan adanya lomba keterampilan ini dapat melatih sikap positif siswa dalam bersosialisasi sehari-hari, baik di rumah, di masyarakat maupun di lingkungan sekolah. 

"Dengan adanya kegiatan tersebut tentunya akan menambah dan mempererat tali silaturahmi antar sekolah dan rasa nasionalisme yang tinggi di kalangan pelajar, khususnya yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat," kata Rio Kusuma. 

Dijelaskan Rio, lomba ini juga bertujuan untuk mewadahi kreativitas dan keahlian bagi pelajar dalam bidang baris-berbaris. 

"Menciptakan pemuda yang disiplin, berprestasi dan memiliki kemampuan, serta intelegensi yang tinggi. Memupuk rasa persaudaraan, kerukunan dan persahabatan antar pelajar," jelasnya. 

Dengan adanya kegiatan lomba tersebut diharapkan bakat siswa yang sudah dibina oleh sekolah dapat terus berkembang. 

Menyikapi kegiatan ini, Staf Ahli Bupati Kobar, Bambang Djatmiko Trikora mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh TNI AL Kumai. 

Ia berkeinginan kegiatan LKBB ini dapat dilaksanakan rutin setiap tahun dengan melibatkan banyak sekolah dan pelajar. 

"Kegiatan ini cukup bagus, karena ini bisa melatih kedisiplinan anak-anak kita (pelajar). Ini lomba pertama kali yang dilaksanakan di Kobar. Kami berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin," terang Bambang Djatmiko Trikora. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami