Home Pemerintah Kotawaringin Barat Nurhidayah Resmikan Pengaliran Listrik di Desa Sungai Bedaun dan Sungai Sekonyer

Nurhidayah Resmikan Pengaliran Listrik di Desa Sungai Bedaun dan Sungai Sekonyer

  Redaksi   | Senin , 27 Desember 2021
432c5f1fff04aa62a869868d99989d2c.jpg
Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah, saat meresmikan aliran listrik untuk Desa Bedaun dan Sungai Sekonyer, Kecamatan Kumai.

KLIK. PANGKALAN BUN - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berkolaborasi bersama PT PLN (Persero) UP 3 Palangka Raya meresmikan penyaluran listrik di Kantor Desa Bedaun. Ini bagian dari upaya mewujudkan listrik di pelosok desa yaitu Desa Sungai Bedaun dan Sungai Sekonyer, Kecamatan Kumai.

"Terimakasih kepada PT PLN (Persero) UP 3 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, atas kerja samanya dalam membangun aliran listrik di pedesaan Kobar," Bupati Kobar, Nurhidayah, Senin (27/12). 

Bupati Nurhidayah menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada PLN, sehingga dua desa ini dapat teraliri listrik. Dia berharap kerja sama ini dapat terus terjalin demi tercapainya percepatan pembangunan ketenagalistrikan. Serta, terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan ketersediaan listrik yang berkeadilan. 

"Dengan teralirinya listrik dua desa di wilayah Kumai. Maka masih ada dua desa yang belum. Semoga ke depan ini bisa segera dituntaskan, mengingat listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat," katanya. 

Nurhidayah mengungkapkan, sudah 76 tahun Indonesia merdeka dan baru di tahun ini wilayah Desa Sungai Bedaun dan Sungai Sekonyer teraliri listrik. Penantian yang cukup panjang dari masyarakat, akhirnya di masa pemerintahannya desa tersebut teraliri listrik selama 24 jam. 

"Semoga dengan masuknya listrik di dua desa tersebut, ke depan akan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, baik secara ekonomi dan sosial," tuturnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palangka Raya, Erwin Gunawan menyampaikan, diresmikannya pembangunan listrik di pelosok desa ini, berkat dukungan dari Bupati Kobar, DPRD Kobar beserta seluruh jajaran dan Forkopimda Kobar. Sebab ada wilayah di Kalteng tahun 2021 tidak mendapatkan pembangunan listrik desa. 

Adapun jaringan PLN yang dibangun di Desa Sungai Bedaun dan Sungai Sekonyer ini, untuk jaringan tegangan menengah dengan panjang 64 kilometer sirkuit (kms). Kemudian jaringan tegangan rendah, dibangun sepanjang 23 kms. 

Selanjutnya, untuk trafo distribusi yang mengkonversi dari listrik tegangan menengah ke tegangan rendah, dibangun sebanyak 13 unit, dengan kapasitas 800 kilovolt ampere (Kva). 

"Ini bisa memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di dua desa ini sebanyak 1.130 pelanggan atau KK. Jadi kami dari PLN juga menyiapkan kapasitas listrik sesuai dengan kebutuhan yang ada di daerah, sehingga keadilan bisa diraih semua masyarakat," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami