Home News Metropolis Lestari dan Promosikan Durian Lokal dari Kotim

Lestari dan Promosikan Durian Lokal dari Kotim

  Sugianto   | Selasa , 06 Juni 2023
10cbf97c8a58ed123504d09d70aa01ac.jpg
Wakil Bupati Kotim Irawati saat menikmati durian lokal.

KLIK.SAMPIT- Kabupaten Kotawaringin Timur, cukup kaya akan khazanah buah-buahan lokalnya. Termasuk juga si raja buah yakni durian. Di kabupaten ini juga banyak akan jenis-jenis durian lokalnya yang tak kalah lezat dari kabupaten maupun daerah lain. 

Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati mengimbau, masyarakat untuk melestarikan buah musiman tersebut serta mempromosikannya ke khalayak luas. 

"Saya ingin masyarakat semuanya khususnya warga Kotawaringin Timur untuk melestarikan buah durian lokal khas di daerah ini," ucap Irawati, Selasa (6/6)m

Menurutnya, daerah ini berlimpah rezeki saat musim durian. Sebab sebarannya dari pelosok hingga ke kota cukup banyak warga yang berkebun. 

"Kita tahu bahwa raja buah ini dari pelosok hingga ke kota sering kita temui apa lagi saat musim seperti ini durian ada di mana- mana," ujar Irawati. 

Lanjutnya untuk durian pada umumnya memiliki ciri khas tersendiri. Mulai dari bentuk kulit, warna, dan rasa. Di Kabupaten Kotawaringin Timur ada satu jenis durian yang diminati masyarakat, daging buahnya berwarna oranye atau jingga rasanya sangat manis, masyarakat lokal menyebut durian ontek undang atau durian otak udang. 

"Tolong jaga dan lestarikan buah durian ini, karena durian ini memiliki ciri khas tersendiri untuk Kotawaringin Timur, " ajaknya.

Ia pun mengimbau masyarakat yang memiliki kebun durian tersebut agar dilestarikan untuk anak cucu dan jangan sampai dialihfungsikan apalagi dijual.

"Siapapun yang datang ke Kotim itu nantinya akan mencari buah durian ciri khas kita. Jadi bila siapapun datang mencari buah durian warnanya oranye, kuning itu otak udang," pungkas Irawati. (KLIK.RED)

Baca Juga

Ikuti Kami