Home News Metropolis Lahan Kosong Terbakar Nyaris Mengenai Rumah Warga di Jalan Bumi Raya I Baamang

Lahan Kosong Terbakar Nyaris Mengenai Rumah Warga di Jalan Bumi Raya I Baamang

  Sugianto   | Rabu , 02 Agustus 2023
7f0f16bec6f11b112a06399a99ccfd21.jpg
Sejumlah petugas Disdamkarmat Kotim bersama warga saat berupaya memadamkan api di lahan kosong Jalan Bumi Raya I, komplek perumahan Citra Mandiri Dwi Pratama, Rabu (2/8).

KLIK.SAMPIT- Kebakaran terjadi di lahan kosong di Jalan Bumi Raya I, komplek perumahan Citra Mandiri Dwi Pratama, Kelurahan Baamang Barat, Kecamatan Bamaang, Kotawaringin Timur, Rabu (2/8). Kebakaran cepat meluas dan nyaris mengenai rumah warga. 

Kebakaran cepat meluas lantaran lahan itu ditumbuhi banyak rumput alang-alang dan lahan yang kering. Warga pun sempat panik. 

Wildan, warga setempat mengatakan, sebelumnya titik api tersebut memang terlihat semenjak pagi. Berawal dari titik api kecil hingga akgirnta asap tebal menyelimuti wilayah perumahan. Setelah dicek ternyata lahan kosong itu terbakar.

"Memang titik api kecil sudah terlihat semenjak tadi pagi, namun lama kelamaan asap tebal menyelimuti wilayah ini. Setelah dicek ternyata lahan kosong itu terbakar, kita bersama warga langsung berupaya memadamkan api namun terkendala alat kita kesulitan," ujarnya.

Mereka makin khawatir api semakin membesar, pasalnya lahan kering mudah terbakar dan api cepat merambat. Asap pun menyelimuti wilayah mereka. Ia pun bersama warga setempat langsung menghungi pihak petugas Dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan (Disdamkarmat) setempat.

"Mungkin sekitar jam 11.00 pihak petugas turun ke lokasi dengan membawa peralatan lengkap untuk proses evakuasi memadamkan api," terangnya.

Ia menambahkan, petugas sempat kesulitan, api sudah menyebar luas di lahan itu. Titik-titik yang sudah disiram air dan padam, sempat kembali menyala. Sehingga, butuh waktu lebih lama untuk memadamkam api.

Adapun sejumlah petugas yang membantu warga yakni Disdamkarmat Kotim, BPBD Kotim, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api Baamang dan Petugas lainnya.

“Alhamdulillah, api terlihat padam sekitar pukul 14.00. Setelah api padam, pembasahan dilakukan agar api tidak kembali menyala dan membakar alang-alang yang ada, terimakasih kami ucapkan kepada pihak petugas karena telah membantu kami para warga dalam memadamkan api ini," pungkas Wildan.  (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami