Home Pemerintah Palangkaraya Pemprov Kalteng Terus Dorong Vaksinasi Covid-19

Pemprov Kalteng Terus Dorong Vaksinasi Covid-19

  Redaksi   | Rabu , 06 Oktober 2021
61dd8cd68b549147561390b1b401c0ec.jpg
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul.

KLIK. PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Suyuti Syamsul, menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sudah berjalan dengan baik. Ini dapat dilihat dari persentase vaksinasinya.

Secara keseluruhan, vaksinasi yang dilaksanakan pemerintah untuk tahap satunya sudah mencapai 37 persen dan tahap dua 24 persen. Namun jika menggunakan data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Pusat, persentase vaksinasi Kalteng lebih besar karena digabung dengan data vaksinasi gotong royong.

“Vaksinasi gotong royong tidak masuk pencatatan pemerintah, karena itu di luar program. Namun kalau melihat perkembangan vaksinasi, Kalteng sudah cukup cepat,” kata dia, Rabu (6/10).

Dilihat dari perkembangannya, dia optimis vaksinasi hingga bulan Oktober mendatang bisa mencapai 70 persen, terutama untuk dosis satu. Rasa optimis itu dilatarbelakangi perkembangan vaksinasi di kabupaten dan kota saat ini.

Di kabupaten dan kota, variasi vaksinasinya cukup tinggi, terutama dosis satu. Untuk Kota Palangka Raya saja, dosis satunya sudah 70 persen lebih, Kabupaten Sukamara di atas 50 persen, kemudian Kotawaringin Barat, Murung Raya dan Lamandau sudah berada di 40 persen lebih.

“Capaian vaksinasi kabupaten lain juga bagus, seperti Kabupaten Kotawaringin Timur, Seruyan, Barito Timur dan lainnya terus berkembang,” katanya.

Suyuti menambahkan, pemerintah saat tengah memfokuskan pelaksanaan dan percepatan vaksinasi di Kabupaten Kapuas karena capaiannya masih terbilang rendah atau masih sekitar 20 persen untuk dosis satu.

“Tapi Kabupaten Kapuas ini penduduknya banyak sekali, sehingga kalau vaksinasi di kabupaten ini bisa didorong maka capaian Kalteng secara keseluruhan akan naik,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami