Home Peristiwa Pohon Tua Sekitar GOR Sampit Mendadak Tumbang

Pohon Tua Sekitar GOR Sampit Mendadak Tumbang

  Sugianto   | Selasa , 31 Januari 2023
4baa955cd2f5f5aaed753b0a4fb0ae1f.jpg
Pohon Besar tumbang di dekat GOR Habaring Hurung Sampit, Selasa (31/1) sekitar pukul 08.00.

KLIK.SAMPIT - Sebatang pohon besar di sekitar Gedung Olahraga Habaring Hurung Sampit, Kotawaringin Timur, tumbang ke jalan, Selasa (31/1) sekitar pukul 08.00 .

Pohon tua tersebut tumbang lantaran disebabkan angin kencang dan juga sudah dalam kondisi lapuk. 

Ukay, salah seorang warga mengaku kaget saat terjadi pohon tumbang. Apalagi saat itu itu sedang mengendarai sepeda motor tak jauh dari lokasi itu. Dia memilih bertahan karena takut ada pohon lainnya yang tumbang. 

"Kan banyak pohon besar yang sudah tua di sisi jalan. Makanya saya lebih memilih singgah karena khawatir takut ada pohon lain yang tumbang lagi," katanya. 

Sementara itu, salah seorang warga sekitar Made menjelaskan kejadian itu terjadi karena cuaca saat ini sedang berangin.

"Terdengar suara keras saat pohon itu tumbang, cuaca saat itu memang agak berangin kencang," jelasnya.

Dikatakan Made, memang terdapat bekas pelapukan di bagian akar yang diduga menjadi penyebab pohon berdiameter 2,5 meter itu tumbang ke badan jalan. 

"Pohon besar itu memang sudah tua. Di sisi lain adanya pelapukan akar dan juga disertai angin kencang juga makanya roboh dengan sendirinya," katanya.

Ditambahkannya, potongan-potongan kayu yang berserakan telah dibersihkan oleh petugas Dinas Pemadaman dan penyelamatan (Disdamkarmat).

"Terimakasih kami ucapkan kepada petugas Disdamkarmat karena telah membantu proses evakuasi,"ungkapnya.

Made meminta pemerintah daerah melalui instansi terkait agar rutin memeriksa pohon-pohon besar pinggir jalan di dalam kota. Sebab jika dibiarkan khawatir menimpa warga yang kebetulan lewat.

"Jika ada yang sudah tua, lapuk dan rawan tumbang, lebih baik dipotong agar tidak membahayakan warga," ungkapnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami