Home News Metropolis Perangkat Desa Se-Kecamatan Kota Besi Dilatih Mengelola Website

Perangkat Desa Se-Kecamatan Kota Besi Dilatih Mengelola Website

  Sugianto   | Kamis , 15 Juni 2023
be7a4105425a58c1053536b277ab54e8.jpg
Sejumlah perangkat desa sedang mengikuti pelatihan pengelolaan website di Aula DPMD Kotim.

KLIK.SAMPIT- Pemerintah Kecamatan Kota Besi, Kabupapaten Kotawaringin Timur menggelar pelatihan pengelolaan websitebatau situs khusus bagi perangkat desa di wilayah tersebut, Rabu (14/6). 

Pelatihan tersebut digelar di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kotim bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam mengelola website desa.

"Hari ini kami menggelar pelatihan pengelolaan website, bagi perangkat desa yang ada di Kecamatan Kota Besi," ucap Camat Kota Besi Gusti Mukafi, Rabu (14/6).

Ia menyebut pelatihan tersebut sebagai uoaya pemerintah dalam transparansi informasi kepada masyarakat. Pihaknya ingin masyarakat bisa dengan mudah mengakses layanan maupun mendapatkan informasi terkait perkembangan program dan realisasi pembangunan, laporan keuangan atau APBDes dan informasi lainnya melalui pengelolaan website tersebut.

"Kami ingin melalui pengelolaan website ini, masyarakat bisa mengakses informasi terkait perkembangan program dan realisasi pembangunan, laporan keuangan atau APBDes dan informasi lainnya," harapnya.

Ia menambahkan, Pelatihan tersebut diikuti oleh 11 Aparatur Desa di Kecamatan Kota Besi. Para peserta pelatihan diberikan kesempatan untuk belajar langsung dari pemateri yang ahli di bidang Teknologi Informasi dan Persandian dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotim. Pemateri yang hadir dalam pelatihan tersebut yakni Muhammad Fadillah dan Vidya Khairani Nasution.

"Keduanya adalah fungsional pada Bidang Teknologi Informasi dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotim," imbuhnya.

Ia berharap, peserta dapat menguasai konsep dasar pengelolaan website desa. Termasuk pembuatan konten, pemeliharaan, dan pembaruan secara teratur.

Sementara itu, pemateri yang hadir dalam pelatihan tersebut Muhammad Fadillah, menyampaikan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan publik di tingkat desa.

"Dengan adanya pelatihan pengelolaan website desa ini, diharapkan tingkat kompetensi perangkat desa dalam teknologi informasi dapat ditingkatkan. Website desa yang dikelola dengan baik akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat," tutupnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami