Home Pemerintah Murung Raya Pemkab Murung Raya Sambut Dandim 1013/Mtw dengan Adat Dayak

Pemkab Murung Raya Sambut Dandim 1013/Mtw dengan Adat Dayak

  Redaksi   | Kamis , 27 Juli 2023
e1954bcd4f0b41f98bf9ea226b39d4d0.jpg
Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph saat menyambut Dandim 1013 /Mtw Letkol Inf Agussalim Tuo beserta istri.

KLIK. PURUK CAHU - Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph menyambut kunjungan Dandim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Agussalim Tuo beserta istri Yuanita Kurniawati di halaman rumah jabatan bupati, Kamis (27/7). 

Penyambutan tersebut berlangsung meriah. Saat Dandim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Agussalim Tuo tiba dan melangkah ke halamam depan rujab bupati telah disambut oleh anggota Pramuka. Sejumlah tentara, dan ibu persit yang bertepuk tangan sekaligus menyanyikan lagu selamat datang dengan ramai serta gembira.

Tak habis sampai di situ kemudian setibanya tepat dihalaman depan pintu rujab, Dandim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Agussalim Tuo disambut lagi dengan tarian penyambutan khas adat dayak.

Usai disuguhkan tarian Dandim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Agussalim Tuo, harus melewati rutual penyambutan tamu disebut dengan Ngehak Hompong.

Yaitu terlebih dahulu mendengarkan lagu kandan, meminum tuak khas dayak kemudian memotong lamang menggunkan mandau dan terakhir memotong pantan barulah membagi buah – buahan yang diletakan disitu yaitu kelapa, nanas, pepaya, papaken, puak, mangga dan lain – lain.

Sehabis melewati ritual ngehak hompong barulah Dandim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Agussalim Tuo menyampaikan sambutan. Ia menghanturkan ucapan terima kasih dan apresisasinya atas penyambutan secara adat yang dianggapnya sangat luar biasa.

“Terimakasih atas penyambutan dengan tradisi yang luar biasa dan diterima langsung oleh Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph, Ini sebuah penghargaan serta kehormatan bagi kami, maksud tujuan kedatangan sebagai komandan kodim baru untuk melaksanakan tugas di Kabupaten Murung Raya,” ujar Letkol Inf Agussalim. 

Sementara, Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Dandim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Agussalim Tuo, di Kabupaten Murung Raya yang dijuluki dengan Kota Emas (Elok, Mandiri, Aman, dan Sejahtera).

“Kami ucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Dandim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Agussalim Tuo yang secara minoritas formal wilayah tanggung jawabnya adalah Kabupaten Murung Raya,” ujar Perdie. 

Setelah menyampaikan sambutan Letkol Inf Agussalim Tuo kemudian diberi tapung tawar dan ditaburi sedikit beras kuning di atas kepala dan menginjak telur ayam kampung, barulah bersalaman dengan Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD Murung Raya, sejumlah kepala perangkat daerah, unsur Forkopimda dan barulah mereka masuk bersama- sama ke dalam rumah jabatan bupati.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami