Home News Metropolis Orangutan Kembali Muncul di Desa Batuah

Orangutan Kembali Muncul di Desa Batuah

  Sugianto   | Kamis , 11 Januari 2024
c3e7518d88fb93ebc21b59ef0696ff8b.jpg
Ilustrasi.net

KLIK.SAMPIT- Kemunculan orangutan kembali dilaporkan warga Desa Batuah, Kecamatan Seranau, Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Satu individu orangutan dilaporkan berada di sebuah pohon dekat dengan desa dan kebun milik warga. 

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Pos Jaga Sampit pun langsung merespons laporan warga tersebut. 

"Kami telah melakukan kegiatan observasi kemunculan orangutan ke lokasi yakni Desa Batuah," ucap Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Kamis (11/1).

Muriansyah menyebut, pihaknya mengbservasi di bantu staf salah satu perusahaan yang peduli masalah kehutanan. Mereka mendatangi lokasi kemunculan orangutan.

"Setibanya kami di sana tidak ada orangutan kami temukan di sana dan hasil identifikasi kami di lokasi kemunculan orangutan ada satu batang pohon rambutan yang berbuah dan satu pohon kariwara diduga kuat, orangutan cuma melintas di lokasi tesebut," terangnya.

Menurut Muriansyah, lokasi kemunculan orangutan juga jauh dari pemukiman warga dan pihaknya menemukan satu buah sarang di tepi hutan. Untuk itu pihaknya akan terus memantau pergerakan orangutan ini.

"Kami akan terus di pantau orangutan ini, karena ada kemungkinan orangutan ini bakal balik lagi," imbuhnya.

Adapun sebelumnya pihak BKDSA berhasil mengevakuasi 1 individu orangutan dalam kondisi sehat, di Desa Seragam Jaya Kecamatan Seranau, Selasa (9/1) lalu. Sementara di Desa Batuah ini, BKSDA juga pernah melakukan penyelamatan terhadap orangutan, di sini orangutan memang kerap ditemui dan lokasinya berpindah - pindah. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami