Home News Metropolis Panas Ekstrem di Kotim Beberapa Hari Terakhir, Ini Penjelasan BMKG

Panas Ekstrem di Kotim Beberapa Hari Terakhir, Ini Penjelasan BMKG

  Sugianto   | Sabtu , 20 April 2024
52af93ed6f819dfd7e4f97e6c876b4d2.jpg
Ilustrasi.(Microsoft)

KLIK.SAMPIT- Dalam beberapa hari belakangan ini cuaca di Kabupaten Kotawaringin Timur terasa sangat panas. Sehingga membuat gerah warga. 

"Benar cuaca di Kotim terasa panas dan gerah beberapa hari terakhir ini," ucap Rahmat Wahidin Abdi, prakirawan BMKG Kotim, Sabtu (20/4).

Menurut data BMKG Sabtu (20/4) pukul 15.00, suhu dalam 3 hari terakhir berkisar antara 33-34 derajat celcius. sedangkan minimum nya 24-25 derajat celcius. Kendati demikian, dipastikan tidak ada catatan suhu ekstrem di Kotim.

"Sementara belum ada warning cuaca ekstrem mengenai hal tersebut," terangnya kepada wartawan klikkalteng.id. 

Ia menambahkan, posisi gerak semu matahari memang masih berada di sekitar equator, selain itu El Nino juga masih aktif yang mengurangi potensi pertumbuhan awan pada pagi hingga sore hari.

"Hal tersebut juga memicu penguapan udara di kotim semakin tinggi dan kelembaban semakin rendah, sehingga kita juga merasakan dampak nya dgn merasakan panas dan gerah," ugkapnya.

Sementara salah seorang warga Firmandi mengatakan cuaca akhir-akhir ini sangat panah dan gerah bahkan cepat berubah.

"Saya kira akhir-akhir ini panasnya memang terasa beda berasa panas dan gerah dan cepat berubah. Biasa kalau pagi jelang siang, panas full. Eh, tiba-tiba sorenya hujan. Cuaca cepat sekali berubah," kata Firmandi Singkat. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami