Home News Metropolis Masyarakat Kotim Diimbau Waspada Imbas Gempa Garut

Masyarakat Kotim Diimbau Waspada Imbas Gempa Garut

  Sugianto   | Minggu , 28 April 2024
23a4ee0fb4ae7eae56aec8dcb283dd7b.jpg
Peta terjadinya gempa 6,6 di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu malam (27/4).

KLIK.SAMPIT- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) H Asan Sampit mengimbau masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur tetap waspada terhadap imbas gempa yang telah mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat dan sekitarnya, Sabtu (27/4) sekitar 23.29.

"Kami mengimbau masyarakat Kotim tetap waspada terhadap imbas gempa Garut," ucap prakirawan BMKG Sampit, Windy Onthoni, Minggu (28/4).

Menurutnya, untuk wilayah Kalimantan Tengah dan Kotim khusus masih terpantau aman. Pihaknya akan selalu monitor perkembangan gempa tersebut.

"Sampai saat ini kami belum menerima informasi dari masyarakat kotim yang merasakan dampak gempa bumi," ujarnya.

Ia menuturkan berkaca dengan pengalaman sebelumnya daerah itu sebelumnya pernah terasa getaran akibat gempa yang terjadi di luar daerah.

"Di Kotim ini kan sudah pernah terasa gempa, untuk kita tetap selalu waspada dengan faktor cuaca yang cepat berubah ini, mudah-mudahan Kotim tidak berimbas gempa tersebut," imbuhnya.

Pihak BMKG mengimbau masyarakat selalu waspada terhadap musibah yang bisa saja terjadi.

"Untuk masyarakat agar selalu waspada dan selalu memantau informasi cuaca, iklim serta gempa bumi melalui akun resmi infobmkg," imbau Windy Onthoni.

Adapun mengutip dari berbagai informasi media nasional Guncangan gempa Garut tersebut terasa di sejumlah wilayah lainnya.

Pusat gempa dilaporkan berada di 151 kilometer barat daya Garut dengan kedalaman 10 kilometer dan BMKG menyatakan gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami