Home Peristiwa Polres Kotim Ungkap Hal Tersulit dalam Pengendalian Unjuk Rasa

Polres Kotim Ungkap Hal Tersulit dalam Pengendalian Unjuk Rasa

  Redaksi   | Sabtu , 23 Oktober 2021
4327708b7c99a1a21850b5f767a0f8b0.jpg
Simulasi pengendalian unjuk rasa yang dilakukan Polres Kotim.

KLIK. SAMPIT – Kepolisian Resor (Polres) Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar latihan peningkatan kemampuan pengendalian unjuk rasa bagi personelnya, di halaman Mapolres Kotim, Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (22/10).

Kapolres Kotim, AKBP Abdoel Harris Jakin, mengatakan, pengendalian massa adalah uji kesabaran bagi personel untuk menahan dan mengendalikan emosi. Sehingga tidak mudah terpancing dengan semua tindakan provokasi oknum pengunjuk rasa

"Jangan mudah terprovokasi oleh oknum pengunjuk rasa, semua tindakan ada tahapan dan penilaiannya sesuai dengan eskalasi. Lakukan tugas kita secara profesional, proporsional dan prosedural," ungkapnya di hadapan anggotanya.

Dikatakannya, latihan ini merupakan leading sektor dan fungsi satuan Sabhara, namun seluruh personel dari fungsi lain juga harus paham dan mengerti bagaimana pentahapan satuan operasional prosedur dalam penanganan unjuk rasa.

"Kegiatannya disimulasikan, guna kesiapan menghadapi keadaan sebenarnya di lapangan," ujarnya

Lanjutnya, pengendalian massa saat kejadian unjuk rasa yang memang sudah rutin diagendakan di kesatuan Polri untuk menyegarkan kembali serta melatih kesigapan seluruh personel. Sehingga selalu siap manakala diperlukan.

"Seluruh fungsi harus sudah mengerti tugasnya masing-masing sehingga semuanya di bawah satu kendali," tandasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami