Home Pemerintah Kotawaringin Barat Bupati Kobar Resmikan Layanan Anjungan Dukcapil Mandiri

Bupati Kobar Resmikan Layanan Anjungan Dukcapil Mandiri

  Redaksi   | Rabu , 24 November 2021
1e3c946a3e8417c4a7d37667235d694c.jpg
Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah, saat mencoba layanan Anjungan Dukcapil Mandiri oleh Disdukcapil Kobar.

KLIK. PANGKALAN BUN - Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah, meresmikan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), Selasa (23/11). Kini layanan itu bisa digunakan masyarakat.

Peresmian ADM  digelar di halaman Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kobar. Nurhidayah juga sempat mencoba mencetak secara mandiri kartu keluarga (KK) menggunakan mesin ADM yang tersedia.

"Layanan ADM ini patut diapresiasi. Mengingat saat ini masih situasi pandemi Covid-19, maka keberadaan ADM sangat membantu untuk mengurangi interaksi secara langsung dengan petugas," kata dia.

Dengan adanya mesin ADM masyarakat yang mengurus perubahan data kependudukan pada e-KTP, KK, Kartu Identitas Anak (KIA) dan lainnya bisa dilayani dengan mudah dan juga  mencegah para calo

"Masyarakat saat ini bisa langsung memanfaatkan layanan online melalui aplikasi Whatsapp yang disediakan Disdukcapil Kobar untuk melakukan pendaftaran," jelas dia.

Apabila masih ada masyarakat yang bingung, diarahkan mendatangi kantor desa untuk didata. Sebab petugas Disdukcapil Kobar, pada hari Sabtu dan Minggu biasanya juga datang ke berbagai desa untuk melaksanakan kayan jemput bola.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Kobar, Gusti Imansyah mengatakan, untuk mempermudah pelayanan data administrasi kependudukan pada masyarakat, pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi, hingga ke perkebunan kelapa sawit.

Menurutnya data administrasi kependudukan merupakan hal vital yang diperlukan setiap individu. Mulai individu tersebut lahir hingga meninggal.

"Contohnya, warga yang masuk rumah sakit untuk menjalani perawatan tentunya juga memerlukan data kependudukan terkait pengurusan administrasi RS. Saat ini kami juga telah menjalin kerjasama dengan RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Dinsos Kobar, Kejaksaan Negeri Kobar dan instansi lainnya," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami