Home Pemerintah Kotawaringin Barat Anang Dirjo Minta Kepala SKPD Memperkuat Inovasi

Anang Dirjo Minta Kepala SKPD Memperkuat Inovasi

  Redaksi   | Selasa , 01 November 2022
2a0cb8904ef17e584f9feca642abf95b.jpg
Penjabat Bupati Kobar Anang Dirjo, memimpin rapat atas hasil evaluasi SAKIP di aula kantor bupati, Selasa (1/11).

KLIK. PANGKALAN BUN – Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Anang Dirjo, meminta kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar memperkuat inovasi. Hal ini disampaikannya saat memimpin rapat atas hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di aula kantor bupati, pada Selasa (1/11).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Evaluasi penyelenggaraan sistem akuntabilitas kinerja dilakukan terhadap 38 SKPD. 

Ada 4 komponen yang dievaluasi, yaitu perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja dan evaluasi kinerja. Hasil evaluasi dituangkan dalam bentuk nilai dengan kisaran mulai dari 0 sampai dengan 100. 

Laporan inspektur kabupaten Kobar Isno Pandowo, menyebutkan bahwa tahun 2022 ini terdapat 27 SKPD mengalami penurunan nilai. 

Isno menjelaskan hal yang membuat penurunan nilai adalah lembar kerja evaluasi (LKE) tahun 2022 yang digunakan berbeda dengan tahun sebelumnya yakni berpedoman pada Permenpan RB no.88 tahun 2021. 

“Dalam pedoman ini, bobot tertinggi adalah aspek implementasi atau pemanfaatan dimana dalam LKE tersebut mewajibkan ada upaya inovasi yang menjadi percontohan dalam penerapan manajemen kinerja,” kata Isno. 

Namun demikian, di tahun 2022 ini terdapat 11 SKPD yang mengalami peningkatan nilai SAKIP. 

Pj Bupati Anang Dirjo meminta seluruh kepala SKPD untuk memberi perhatian evaluasi SAKIP ini. 

“Saya minta kepala SKPD menindaklanjuti hasil evaluasi SAKIP ini, terutama bagi yang mengalami penurunan nilai,” kata Anang Dirjo. 

Anang Dirjo berharap seluruh SKPD melengkapi berkas-berkas atau dokumen pendukung yang diminta. 

“Kuatkan inovasi di masing-masing SKPD, saya pikir hal itu tidak terlalu sulit, memperpendek jalur birokrasi juga bagian dari inovasi, dan ini tidak harus membutuhkan anggaran, yang penting adad keinginan menjadi lebih baik,” ujar Anang Dirjo. 

Anang Dirjo mengharapkan kepala SKPD untuk terus memantau dan mengawasi segala permasalahan di masing-masing instansinya. “Kepala SKPD harus berkomitmen untuk meningkatkan nilai SAKIP di intansinya,” tegas Anang Dirjo. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami