Home News Metropolis Waspada! Penipuan Mengatasnamakan Bank Kalteng, Sejumlah ASN Jadi Korban

Waspada! Penipuan Mengatasnamakan Bank Kalteng, Sejumlah ASN Jadi Korban

  Sugianto   | Selasa , 11 April 2023
dea917251e90a9198e144dd7688bc96a.jpg
Pimpinan Bank Kalteng Cabang Sampit Tajudinnor Asra.

KLIK.SAMPIT- Mendekati Lebaran tingkat kejahatan semakin merajalela. Termasuk kejahatan di dunia maya. Kali ini penipuan mengatasnamakan Bank Kalimantan Tengah. 

Sejumlah Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Kotawaringin Timur sudah menjadi korbannya. 

Pimpinan Bank Kalteng Cabang Sampit Tajudinnor Asra, meminta ASN Kotim waspada terhadap aksi penipuan tersebut.

"ASN Kotim harus waspada terhadap aksi penipuan yang mengatasnamakan Bank Kalteng, terlebih menjelang lebaran ini," ujar Tajudinnor Asra, (11/4)

Sudah dua orang nasabah yang melaporkan hal ini kepada pihaknya. Dan langsung mereka bantu dengan mmblokir kartu ATM. Serta mengganti kata sandi serta pin ATM yang bersangkutan.

Kerugian yang dialami kedua nasabah tersebut mencapai jutaan rupiah.

"Beruntung, sebelumnya salah seorang korban sempat memindahkan dana tabungan ke rekening lain sehingga ketika korban mengalami penipuan hanya dengan nominal sedikit," sambungnya.

Tajudin mengatakan modus penipuan yang dilakukan oleh penipu tersebut, yakni pelaku menggunakan akun Instagram palsu untuk menyebarkan penawaran mengatasnamakan Bank Kalteng seperti pendaftaran fitur BI fast Bank Kalteng dengan biaya transaksi 0 rupiah.

Kemudian nasabah dibuat tertarik atas penawaran tersebut. Melalui akun palsu tersebut nasabah diarahkan ke nomor Whatsapp Bisnis yang merupakan nomor pelaku. Pelaku memberikan link atau tautan palsu untuk pendaftaran dimana tampilan tautan tersebut serupa dengan Betang mobile.

“Pelaku meminta data-data pribadi nasabah dan meminta One Time password atau kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel nasabah, " jelasnya. 

Setelah itu, nasabah menyerahkan data-data pribadi dan OTP pelaku akan menggunakan data tersebut untuk melakukan transfer ke rekening penipu. Kemudian pelaku memblokir nomor Whatsapp nasabah tersebut sehingga nasabah tidak bisa menghubungi pelaku. 

Ia pun menegaskan, jika Bank Kalteng Cabang Sampit tidak memiliki akun resmi Instagram. Untuk media sosial Bank Kalteng terutama Instagram hanya ada satu dan terpusat untuk semua yakni dengan nama akun Bank Kalteng.

 Untuk itu dirinya mengimbau kepada seluruh nasabah Bank Kalteng agar lebih berhati-hati dan teliti terhadap informasi atau program-program yang ditawarkan di media sosial yang mengatasnamakan Bank Kalteng.

"Jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut lebih baik nasabah langsung datang ke kantor Bank Kalteng cabang terdekat," pungkas Tajudinnor. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami