Home Pemerintah Kotawaringin Timur Pemkab Kotim Terbantu dengan Adanya Relawan Damkar

Pemkab Kotim Terbantu dengan Adanya Relawan Damkar

  Sugianto   | Rabu , 31 Mei 2023
23f22fdac79cd7f397eb15d7a89e63a8.jpg
Bupati Kotim Halikinnor saat menyerahkan sejumlah alat pemadam kebakaran kepada Relawan Ketapi 3 Sampit, Rabu (31/5).

KLIK.SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur merasa terbantu dengan keberadaan relawan pemadam kebakaran di daerah itu. Salah satunya Relawan Damkar di Jalan Ketapi 3, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit. 

Sebab itu Bupati Kotim Halikinnor memberikan apresiasi berupa alat pemadam kebakaran dengan skala kecil ke markas relawan tersebut, secara langsung, Rabu (31/5).

"Alhamdulillah hari ini kami bisa menyerahkan bantuan alat pemadam kebakaran skala kecil kepada para relawan," ucap Halikinnor. 

Bantuan tersebut meliputi peralatan mesin pompa air, peralatan keamanan seperti helm, sepatu dan lainnya. 

Halikin menyebut bantuan tersebut merupakan simbol dukungan pemerintah terhadap upaya relawan damkar dalam hal mencegah terjadinya kebakaran skala kecil atau lingkungan sekitar.

"Paling tidak bantuan alat ini bisa digunakan di sekitar lingkungan ini," ujar Halikin.

Ia menambahkan, dengan bantuan alat tersebut masyarakat bisa bergerak bersama gotong royong, sementara menunggu bantuan dari pihak petugas Dinas pemadam kebakaran dan keselamatan (Disdamkarmat) Kotim maupun Badan penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kotim.

"Kalau terjadi kebakaran di rumah atau fasilitas yang ada di sini, masyarakat bisa cepat bergerak untuk memadamkan api sebelum ada petugas Disdamkarmat dan BPBD Kotim," tandasnya.

Kendati demikian, ia mengimbau kepada masyarkat agar lebih berhati- hati terhadap api. Apalagi saat ini memasuki musim kemarau, dan diprediksi akhir bulan Juli nanti baru mencapai puncaknya. 

"Jangan lengah, tolong perhatikan kompor, gas, jaringan listrik harus diperhatikan oleh masyarakat agar antisipasi kebakaran ini," demikian Halikin. (KLIK.RED)

Baca Juga

Ikuti Kami