Home Pemerintah Kotawaringin Timur Bupati Kotim Doakan Pemudik Selamat Sampai Kampung Halaman

Bupati Kotim Doakan Pemudik Selamat Sampai Kampung Halaman

  Sugianto   | Senin , 08 April 2024
da138b8e3f9214b6c83b3e0070eaab61.jpg
Bupati Kotim Halikinnor saat melepas 430 penumpang mudik gratis lebaran 1445 H di Pelabuhan Sampit, Senin (8/4).

KLIK.SAMPIT- Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor melepas penumpang mudik gratis bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Laut lebaran Idulfitri 1445 Hijriah.

Halikinnor mendoakan para pemudik agar dapat berkumpul keluarga di kampung halaman dalam suasana bahagia Idulfitri. 

"Hari ini kita lepas penumpang dan ini pertama kalinya Kementerian Perhubungan memberikan program mudik gratis," ucap Halikin didampingi Wakil Bupati Kotim Irawati di Pelabuhan Sampit, Senin (8/4). 

Adapun rute mudik gratis jalur laut kali ini yakni dengan tujuan Sampit- Semarang, dengan menggunakan Kapal KM Lawit.

KM Lawit ini berangkat dari Pelabuhan Sampit pada Senin (8/4) dan diperkirakan tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Selasa (9/4).

"Momen ini menjadi bukti nyata dari sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan stakeholder terkait dalam upaya memberikan kemudahan kepada masyarakat yang hendak mudik," ungkapnya.

Adapun program mudik Kementerian ini menyediakan kuota untuk mudik dan balik rute yang sama yakni 500 PAX dengan menggunakan kapal PT Pelayaran indonesia (Pelni).

Halikin mendoakan agar para pemudik bisa lancar dalam perjalanan dan berikan kemudahan selama mudik menuju kampung halaman.

"Mudahan-mudahan perjalanan mereka lancar sampai tujuan Semarang. Sampai bertemu keluarga sehingga dapat merayakan idul fitri dengan bahagia," harapnya.

Sementara, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sampit, Muhammad Hermawan mengatakan kali ini jumlah penumpang program mudik gratis ini berjumlah 430 penumpang.

"Jumah ini berdasarkan hasil dari cek in dan boarding sebelum pembarangkatan ini," katanya. 

"Kita menyediakan mudik gratis ini kuota 500 namun 70 yang tidak melakukan cek in dan boarding mungkin karena ada sesuatu hal sehingga mereka tidak mengikuti ini," tambahnya.

Dia pun mengakui program mudik gratis ini sangat membantu masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu didaerah itu.

"Mudah-mudahan program mudik gratis ini betul-betul daoat dimanfaatkan bagi warga yang dikatakan kurang mampu," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami