Home News Metropolis Puluhan Nakes Puskesmas Baamang I Jalani Vaksinasi Booster

Puluhan Nakes Puskesmas Baamang I Jalani Vaksinasi Booster

  Redaksi   | Sabtu , 21 Agustus 2021
823de5946c2bd8682badf64236577276.jpg
Kepala Puskesmas Baamang I, Supriadi, menerima vaksin booster, Sabtu (21/8).

KLIK.SAMPIT – Pemberian vaksin dosis ketiga atau booster bagi para tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih terus berlanjut. Hari ini giliran nakes Puskesmas Baamang I yang mendapat jatah vaksinasi booster menggunakan vaksin Moderna mRNA-1273.

Kepala Puskesmas Baamang I, Supriadi mengatakan puluhan nakes akan menerima vaksinasi booster kali ini, termasuk dirinya.

“Untuk hari ini sekitar 39 orang yang rencananya akan divaksin,” kata Supriadi, Sabtu (21/8).

Lanjutnya, untuk wilayah Puskesmas Baamang I ada total sebanyak 128 nakes, baik itu yang bertugas di puskesmas maupun jejaring fasilitas kesehatan, seperti kebidanan dan lain-lain. Sehingga 39 nakes yang divaksinasi booster ini memang belum mencakup seluruh nakes yang ada di wilayah tersebut.

Lantaran, banyak nakes yang belum memenuhi syarat untuk menerima vaksinasi booster. Antara lain, disebabkan terkena paparan virus Covid-19.

“Nakes yang terpapar Covid-19 lumayan banyak, bukan hanya di Puskesmas Baamang I, tapi di Rumah Sakit dan Puskesmas lain juga. Dari nakes kami sendiri ada sekitar 10 orang lebih yang terpapar, dan 2 orangnya masih menjalani isolasi mandiri,” tuturnya.

Ia menambahkan, dengan dilakukannya vaksinasi booster pada sejumlah nakes maka pelayanan vaksinasi untuk umum hari itu pun harus ditiadakan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping yang dialami para nakes usai menerima vaksin, yang kemungkinan akan berdampak terhadap pelayanan bagi masyarakat.

“Kami mohon maaf kepada masyarakat, karena pelayanannya agak terganggu. Sementara kami tiadakan dulu pelayanan untuk umum, agar nakes kami bisa siap untuk bekerja kembali,” pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami