Home Pemerintah Pemprov Kalteng Sugianto Sabran Ajak Masyarakat Tanam Pohon Produktif

Sugianto Sabran Ajak Masyarakat Tanam Pohon Produktif

  Redaksi   | Kamis , 30 Desember 2021
44649f1c9a29bc3817ac42fd3955feb2.jpg
Gubernur Kalteng, Sugianto menaman pohon produktif dalam Kunjungan kerja di Kotawaringin Barat.

KLIK. PANGKALAN BUN - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran bersama rombongan pejabat pemerintah provinsi melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar),  Kamis, (30/12).

Dalam kunjungannya, Sugianto Sabran bersama rombongan dan Pemerintah D Kabupaten Kobar, melakukan gerakan penanaman pohon serentak di kawasan embung Desa Lada Mandala Jaya, Kecamatan Pangkalan Lada. 

Turut hadir, Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah, Ketua DPRD Kotawaringin Barat Rusdi Gozali, Kapolres Kotawaringin Barat AKBP Devy Firmansyah, Dandim 1014/Pbn Letkol Arh Drajad Tri Putro, Forkopimda Kabupaten Kotawaringin Barat serta Kepala Perangkat Daerah Provinsi dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat.

"Melalui kegiatan ini kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosongnya dengan menanam pohon yang produktif, yaitu pohon buah - buahan," kata Sugianto Sabran, saat diwawancarai usai kegiatan.

Gubernur meminta agar masyarakat mencintai lingkungan. Serta mengajak masyarakat untuk dapat berperan memelihara tanaman yang sudah ditanam, sehingga dapat tumbuh dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. 

Sugianto mengatakan, Pemprov Kalteng selain menjalankan program pembangunan infrastruktur juga telah menjalankan program budaya menanam, mulai dari level pemerintah provinsi sampai dengan pemerintah kabupaten /kota yang ada di Kalteng. 

"Budaya menanam ini akan dimulai dari lingkungan masing-masing instansi, lingkungan sekolah, lingkungan tempat ibadah maupun lingkungan lebih kecil yakni rumah tinggal," ungkapnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, Sri Suwanto menyampaikan, kegiatan menanam bersama ini telah disediakan bibit tanaman produktif berupa buah-buahan dengan jumlah 550 batang. Adapun jenis tanaman yang ditanam dalam kegiatan ini meliputi durian, blimbing, klengkeng, rambutan, jambu air, mangga, matoa, nangka dan jenis buah lainnya. 

"Sebanyak 200 batang telah diserahkan sebelumnya kepada masyarakat, dan sebanyak 350 batang yang ditanam pada kegiatan penanaman pohon bersama ini," jelasnya. 

Kemudian, Sri Suwanto juga menambahkan, kegiatan ini menandai kegiatan Pemprov Kalteng Tahun 2022 di antaranya pembangunan hutan rakyat seluas 891 hektare di 9 kabupaten, rehabilitasi mangrove seluas 150 hektare di Kabupaten Sukamara, Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Serta, penanaman atau penghijauan lingkungan seluas 10 hektare, penyusunan rencana pembangunan hutan Kota di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Seruyan, dengan dana yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Dana Reboisasi. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami