Home Pemerintah Kotawaringin Barat Dinas Perikanan Kobar Akan Salurkan Bantuan 61 Unit Kapal untuk Nelayan

Dinas Perikanan Kobar Akan Salurkan Bantuan 61 Unit Kapal untuk Nelayan

  Redaksi   | Jumat , 07 Januari 2022
a91a741fb5eb6ac8b3bcf83acb1846c2.jpg
Sejumlah nelayan di Kobar, sedang melakukan pemeliharaan terhadap kapal mereka.

KLIK. PANGKALAN BUN - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Perikanan (Diskan) Kobar, pada tahun ini (2022) berencana akan menyalurkan bantuan kapal untuk nelayan sebanyak 61 unit. 

Kepala Diskan Kobar, Hepy Kamis melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Usaha Kecil Pembudidaya Ikan, Manis Suharjo mengatakan, bantuan kapal sebanyak 61 unit tersebut mulai dari ukuran ukuran 1 GT - 5 GT (Gross Ton). Nantinya, akan diserahkan kepada sejumlah kelembagaan nelayan melalui koperasi atau kelompok usaha bersama (KUB). 

"Bantuan kapal nelayan akan diserahkan secara bertahap melalui kelompok usahanya masing - masing," kata Manis Suharjo, Jumat (7/1).

Manis Suharjo menyampaikan, pemberian bantuan kapal nelayan merupakan wujud dari program prioritas pemerintah daerah, yaitu peningkatan sektor pertanian dalam arti luas yakni sektor perikanan di Kobar. 

Untuk itu, pemerintah daerah berharap melalui bantuan tersebut dapat meningkatkan produktivitas nelayan. Sehingga kesejahteraan para nelayan meningkat. 

"Nantinya juga tidak hanya kapal yang kami berikan pada nelayan, tetapi juga akan diberikan bantuan peralatan tangkap mulai dari GPS, jaring tangkap dan life jaket," tuturnya. 

Dalam hal ini, pemerintah daerah juga tak henti-hentinya mengingatkan nelayan untuk tetap menggunakan alat tangkap ramah lingkungan. Hal ini dilakukan untuk menjaga keberlangsungan ekosistem ikan. 

Untuk diketahui, bahwa pada tahun 2021 lalu, Diskan Kobar telah menyalurkan bantuan kapal sebanyak 63 unit kepada nelayan di Kobar. Tahun ini bantuan itu akan kembali diberikan bagi nelayan. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami