Home DPRD Kotawaringin Barat Dewan Ingatkan Pemda Kobar Optimalkan Pembangunan

Dewan Ingatkan Pemda Kobar Optimalkan Pembangunan

  Redaksi   | Kamis , 14 Juli 2022
1e8a98a4f63b49f20e45945c3a22fb5f.jpg
Anggota DPRD Kobar, Suderajad Akbar.

KLIK.PANGKALAN BUN - Anggota DPRD Kotawaringin Barat (Kobar) Suderajad Akbar mengingatkan, pemerintah kabupaten untuk mengoptimalkan program pembangunan. Sehingga anggaran terserap dengan baik.

“Kami meminta realisasi belanja dalam APBD ini dioptimalkan. Apalagi kami menilai saat ini masih ada program yang realisasinya masih rendah. Sehingga serapan anggarannya juga minim. Hal ini sangat kami sayangkan,” kata Suderajad Ambar, Kamis (14/7/). 

Menurut dia, banyak usulan lain yang membutuhkan anggaran, tapi terpaksa ditunda karena anggaran yang terbatas, diharapkan dijalankan secara optimal. Serapan anggarannya juga dinilai masih rendah. Padahal pengalokasiannya diprioritaskan, bahkan mengalahkan program lainnya.

“Kalau anggaran yang tidak terserap dengan baik dinilai menjadi kerugian bagi masyarakat kita. Walaupun anggarannya tidak hilang, tetapi seharusnya anggaran itu bisa digunakan membiayai program lain yang dibutuhkan masyarakat,” ujar Suderajad Akbat.

Politikus Partai Nasdem ini juga mengatakan, besarnya sisa anggaran yang terserap diharapkan tidak terjadi lagi. Sehingga anggaran yang bisa digunakan untuk belanja pembangunan cukup terbatas. Sangat disayangkan kalau anggaran yang sudah terbatas itu ternyata tidak terserap dengan baik.

“Untuk penganggaran belanja tahun ini prosesnya tidak mudah. Maka dari itu, sangat disayangkan kalau program yang sudah dianggarkan itu justru tidak bisa dilaksanakan dengan baik oleh pemerintah daerah,” tegasnya.

Ia menyarankan kepada pemerintah daerah, agar mengevaluasi rutin realisasi program pembangunan dan serapan anggaran setiap perangkat daerah. Dengan begitu akan terlihat kalau ada yang mengalami kendala sehingga bisa dicarikan solusinya.

“Satuan organisasi perangkat daerah juga harus berusaha maksimal merealisasikan semua program pembangunan yang anggarannya sudah dialokasikan. Jangan sampai program tidak terlaksana dengan baik. Dan Itu akan merugikan masyarakat,” pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami