Home News Metropolis Besok BLT BBM untuk Kotim Disalurkan

Besok BLT BBM untuk Kotim Disalurkan

  Redaksi   | Kamis , 08 September 2022
68e36009eefda133e47ea3ca4c296217.jpg
Ilustrasi.net

KLIK.SAMPIT- Menyikapi kenaikan-kenaikan harga yang sekarang sudah mulai naik, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) mulai menyalurkan 

bantuan sosial (bansos) dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT). 

Di Kotim sendiri BLT Bahan Bakar Minyak (BBM) 2022 tersebut akan disalurkan mulai besok melalui PT Pos Indonesia (Persero) setempat. 

"Sesuai arahan Kemensos RI, untuk penyaluran BLT BBM Kotim akan dilakukan besok disalurkan lewat PT Pos Sampit," kata Kepala Dinas Sosial Kotim Wiyono. 

Pihaknya saat ini juga masih menyesuaikan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima bantuan tersebut. 

BLT BBM dicairkan sebagai bantuan sosial tambahan bagi masyarakat sekaligus bentuk pengalihan dari subsidi BBM. Untuk jumlah penerima BLT BBM di Kotim, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan PT Pos Sampit. 

"Saya masih koordinasi dengan PT Pos Sampit. Mudahan secepatnya sudah ada data Kotim dan anggarannya," terangnya. 

Sementara itu belakangan ramai menjadi bahan perbincangan di masyarakat terkait pesan berantai yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp (WA). Isi pesan tersebut bertuliskan, TELAH DIBUKA PENCAIRAN BANTUAN PKH TAHAP 3, segera daftarkan diri anda sebelum ditutup, 1. Pencairan bantuan tidak di pungut biaya sepeserpun, 2. Buka websitenya dan segera daftarkan diri anda untuk klaim bantuan PKH Tahap 3, 3. Batas Pendaftaran Sampai dengan 1 Sep - 31 Oktober. 

Klik Pada link dibawah untuk mendaftar https://pkh3.online/?v=cekbansos. Setelah mendaftar pada link di atas, bantuan PKH Tahap 3 akan disubsidikan setelah 24 jam. 

Saat ditanyakan terkait pesan tersebut Wiyono menegaskan bahwa isi dari pesan tersebut tidak benar. Sebab penyaluran sebagaimana arahan Kemensos dilakukan melalui PT Pos, sehingga masyarakat diharapkan tidak mudah percaya dengan informasi yang belum pasti kebenarannya, sebelum di konfirmasi kepada instansi terkait terlebih dulu. 

"Ini tidak benar. Hoaks, kemungkinan peretasan data pribadi, jangan di klik link yang ada di pesan tersebut, karena sesuai arahan Kemensos BLT BBM disalurkan melalui PT Pos," tegasnya.

Sementara itu, besaran BLT BBM yang akan disalurkan adalah Rp150 ribu per bulan selama empat kali dengan total Rp 600 ribu. Namun, dana BLT BBM ini akan disalurkan secara dua tahap yaitu pada September dan Desember 2022.

 Untuk satu tahapnya, para penerima manfaat akan menerima dana BLT BBM sebesar Rp 300 ribu.

BLT BBM yang disalurkan Kemensos untuk KPM usai Presiden Joko Widodo resmi menetapkan kenaikan harga BBM subsidi dan non subsidi pada Sabtu, 3 September 2022. Golongan penerima BLT BBM 2022 yaitu KPM Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami