Home Pemerintah Kotawaringin Barat Kobar Fokus Pengembangan SDM

Kobar Fokus Pengembangan SDM

  Redaksi   | Selasa , 04 April 2023
496bcb0c5f1ecf7d31294ace604466b0.jpg
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kobar, Rofi Iskandar.

KLIK. PANGKALAN BUN - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyatakan, salah satu yang menjadi fokus saat ini adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM) masyarakat, Selasa (4/4).

Hal ini disampaikan oleh Kadis Kominfo Kobar, Rodi Iskandar, menurutnya agar masyarakat dapat menikmati kehidupan berkualitas tinggi, dengan menggabungkan atau memanfaatkan teknologi canggih di berbagai industri dan kegiatan sosial, serta mendorong inovasi untuk menciptakan nilai baru.

Di era digital saat ini, teknologi mengubah cara orang menerima informasi. Oleh karenanya dengan dunia yang telah mengalami perubahan, maka masyarakat juga dituntut harus ikut berubah jika tidak ingin tertinggal, kata Rodi Iskandar, beberapa waktu lalu.

Saat ini khususnya generasi muda telah memasuki abad ke-21. Sehingga dituntut memiliki kecakapan dan keterampilan.

"Beberapa elemen penting yang harus diingat dari literasi digital adalah berhati-hatilah, melindungi diri sendiri dan orang lain, bersikaplah cerdas, mendidik diri sendiri dan orang lain, hingga menghormati dirimu dan orang lain," tegasnya.

Dia mengingatkan, media sosial memiliki pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat di masa kini, bisa berdampak positif maupun negatif. 

Maka masyarakat dituntut bijak saat bermedia sosial dengan cara menjaga etika, selalu waspada dan jangan langsung percaya, tidak detail mencantumkan informasi pribadi, hingga bijak memilih postingan konten.

Ia menyampaikan lkepada seluruh masyarakat agar bijak menggunakan media sosial. Media sosial menjadi daya tarik bagi semua orang dan saat ini siapa pun bisa membagikan informasi-informasi yang tidak pasti. Oleh karena itu pentingnya edukasi terkait literasi digital.

Rodi mengatakan perkembangan teknologi informasi yang tanpa batas mengharuskan masyarakat mampu memanfaatkan teknologi dalam mendukung kinerjanya.

"Kami harapkan dapat memberi gambaran tentang pentingnya bijak menggunakan teknologi, agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami