Home News Metropolis Desa Bagendang Hilir Mendapat Predikat Istimewa Calon Desa Antikorupsi

Desa Bagendang Hilir Mendapat Predikat Istimewa Calon Desa Antikorupsi

  Sugianto   | Kamis , 26 Oktober 2023
f51ce8a02cceb3b1852ec9792fa9248d.jpg
Sejumlah perangkat Desa Bagendang Hilir saat penilaian Calon desa antikorupsi dilakukan oleh tim penilai KPK RI di desa Bagendang Hilir, Kecamatan Bagendang, Kotim, Rabu (25/10).

KLIK.SAMPIT- Desa Bagendang Hilir, Kecamatan Bagendang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berhasil mendapatkan predikat istimewa sebagai Calon Desa antikorupsi.

"Alhamdulillah Desa Bagendang Hilir mendapat predikat istimewa yakni 92 poin sebagai Calon desa antikorupsi," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kotim Raihansyah.

Adapun penilaian ini langsung dilakukan oleh tim penilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI), Kementerian dalam negeri RI, Kementerian Keuangan RI, dan Kementrian Desa Tertinggal dan Transmigrasi RI di desa Bagendang Hilir, Kecamatan Bagendang, Kotim, Rabu (25/10).

Menurut pria yang sering disapa Ancah ini, kegiatan tersebut bukan menitikberatkan pada lomba. Namun bagaimana pembinaan terhadap tata kelola pemerintahan desa tersebut berdasarkan aturan dan ketentuan yang berlaku.

"Desa Bagendang Hilir ini langsung dibina oleh KPK RI dari bulan Februari kemaren hingga sekarang, Adapun penilaiannya dilakukan pada hari ini, Alhamdulillah kita mendapat predikat istimewa," katanya.

Ancah menambahkan, pihaknya akan terus mendorong Desa Bagendang Hilir ini untuk membuat sebuah peraturan desa (Perdes), pasalnya ia menyebut nantinya desa se- Kalimantan Tengah akan berkunjung dan belajar kedesa tersebut.

"Ketika orang berkunjung kedesa itu, secara otomatis akan menambah perputaran ekonomi di desa tersebut, Kami juga akan menggalakkan Badan Usaha Milik Desa setempat dan Umkm nya yang memang untuk oleh- oleh orang yang akan berkunjung dan belajar belajar kesitu dan ini akan dicanang oleh KPK RI pada saat bulan Desember 2023 ini," imbuhnya.

Ancah juga optimis desa Bagendang Hilir ini nantinya bakal masuk 3 besar dalam penyajian tata kelola pemerintahan yang baik dari 22 Kabupaten se Indonesia. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami