Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng Menyerahkan Nota Keuangan APBD 2024

Pemprov Kalteng Menyerahkan Nota Keuangan APBD 2024

  Redaksi   | Rabu , 01 November 2023
a51f9a888b22318496457909cfbda0cd.jpg
Wakil Gubernur Edy Pratowo menyerahkan nota keuangan dan Rancangan APBD 2024 kepada Ketua DPRD Kalteng Wiyatno.

KLIK. PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menyerahkan Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)Tahun Anggaran 2024 kepada DPRD untuk dibahas lebih lanjut.

Kedua dokumen anggaran tersebut diserahkan Wakil Gubernur Edy Pratowo kepada pimpinan DPRD saat pelaksanaan rapat paripurna ke-5 masa persidangan III tahun sidang 2023, Rabu (1/11). 

“Nota keuangan dan Raperda APBD 2024 ini bagian dari tahapan pembahasan anggaran murni tahun depan. Jadi setelah diserahkan kepada DPRD, maka akan kita bahas lebih lanjut bersama,” kata dia.

Edy Pratowo menyebutkan APBD tahun Anggaran 2024 ini disusun dengan memerhatikan setidaknya tiga poin penting, yang mana semuanya berkaitan dengan pelaksanaan penggunaan anggaran dan program kegiatan.

Dikatakannya, hal pertaman yang diperhatikan berkaitan dengan pengelolaan belanja secara efektif, efisien dan fokus terhadap capaian target pelayanan publik. Kemudian yang kedua, rasionalisasi belanja daerah yang belum menjadi prioritas guna meningkatkan kualitas keluaran belanja daerah.

“Yang ketiga pemerintah fokus pengalokasian anggaran yang memadai guna percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” katanya menjelaskan.

Lebih lanjut disampaikan, penyusunan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2024, juga telah memerhatikan pokok-pokok kebijakan. Dimana dalam pengantar nota keuangan Rancangan APBD telah secara rinci tertuang dalam lampiran Raperda yang disertai penyerahannya oleh pemerintah. 

“Pada intinya semua kebijakan disusun dengan melihat rencana kerja dan anggaran satuan kerja perangkat daerah tahun depan, sehingga ke depan diharapkan setiap rupiah uang yang keluar bisa tepat sasaran,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami