Home Pemerintah Pemprov Kalteng Kalteng Kejar Target Kekebalan Kelompok di Akhir Tahun

Kalteng Kejar Target Kekebalan Kelompok di Akhir Tahun

  Redaksi   | Selasa , 14 Desember 2021
9454d4ba31c390a7f495d49f86362d1f.jpg
Gubernur Sugianto Sabran didampingi Wakil Gubernur Edy Pratowo diwawancarai dalam sebuah kegiatan.

KLIK. PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menginstruksikan pemerintah kabupaten dan kota melakukan percepatan vaksinasi Covid-19. Ini demi mengejar target kekebalan kelompok atau herd immunity di akhir tahun 2021 ini.

Oleh karena itu, Gubernur menekankan, agar kabupaten yang persentase atau capaian vaksinasinya masih rendah, untuk mengambil upaya percepatan dengan memaksimalkan seluruh sumber daya vaksinator yang ada di daerahnya.

“Nanti sama-sama kita kejar target vaksinasi supaya di bulan Desember ini bisa 70 persen, sehingga kabupaten yang capaiannya masih rendah harus dipacu supaya Kalteng secara keseluruhan tercapai,” kata Sugianto, Selasa (14/12). 

Terdapat dua daerah yang menjadi perhatian karena capaian vaksinasinya masih tergolong rendah, yakni Kabupaten Kapuas dan Barito Utara. Untuk itu, bupati kedua daerah tersebut diharapkan terus berkoordinasi dengan pihak terkait supaya mendorong percepatan vaksinasi.

Diharapkan tidak ada alasan kesulitan menjangau daerah-daerah terdalam ataupun kesulitan karena ketersediaan vaksin. Dipastikan Sugianto, tenaga vaksonator sekarang sudah mencukupi dengan didukung stok vaksin yang banyak.

“Beberapa waktu yang lalu sudah bicara dengan pak Kapolda, Danrem dan Kajati, supaya bisa membantu di daerah Kapuas dan Barito Utara,” kata dia.

Berdasarkan data, capaian vaksinasi di Kalteng sudah 67 persen lebih. Ini artinya tinggal sedikit lagi atau sekitar 3 persen saja untuk mencapai 70 persen capaian yang ditergetkan. Itulah yang menjadi alasan, kenapa kabupaten harus mempercepat vaksinasinya, karena secara keseluruhan berdampak terhadap capaian se-Kalteng.

“Di kabupaten dan kota juga harus mengejar target untuk daerahnya masing-masing, karena masih ada beberapa kabupaten yang 50 persen. Sehingga upaya percepatan untuk mendapatkan herd immunity harus dilakukan,” bebernya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami