Home Pemerintah Pemprov Kalteng Rumah Sakit Wilayah Barat Kalteng Mulai Dibangun Tahun Ini

Rumah Sakit Wilayah Barat Kalteng Mulai Dibangun Tahun Ini

  Redaksi   | Senin , 25 April 2022
8d0ff73746ef16777b4514218072c1fb.jpg
Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul.

KLIK. PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul menyampaikan, keinginan pemerintah membangun rumah sakit provinsi di wilayah Barat Kalteng dalam waktu dekat ini akan terealisasi.

Master plan atau rencana induk pembangunan dan Detail Engineering Design (DED) pembangunan rumah sakit tersebut dipastikan telah selesai. Selanjutnya untuk proses pelaksanaan pembangunannya akan diserahkan kepada instansi teknis dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalteng.

“Insya Allah tahun ini sudah dimulai pembangunannya, dan kami dari Dinas Kesehatan juga memantau untuk mekanisme penyediaan lahan sebagai lokasi pembangunannya,” kata dia, Senin (25/4). 

Untuk lokasi pengembangannya berada di wilayah Kabupaten Seruyan, mengingat pemerintah setempat telah menyatakan siap menghibahkan Rumah Sakit Hanau yang saat berada di wilayahnya. Kemudian adanya dukungan dari tokoh masyarakat setempat yang siap menghibahkan tanahnya untuk mendukung kelancaran pembangunan rumah sakit itu.

“Jadi dua-duanya akan kita gunakan untuk kepentingan provinsi, yang satunya untuk pembangunan rumah sakit dan satunya lagi untuk kepentingan ekosistemnya,” katanya menyampaikan.

Terkait anggaran pembangunan, Suyuti mengaku tidak tahu secara pasti karena semua proses pembangunan fisik berada di Dinas PURP. Namun yang pasti untuk kelancaran kegiatan pembangunannya, pemerintah provinsi telah menyiapkan anggaran multiyears atau anggaran tahun jamak.

Ditambahkannya, tujuan pembangunan rumah sakit di wilayah barat ini tujuannya meningkatkan layanan kesehatan rujukan. Makanya pembangunan rumah sakit provinsi ini akan diteruskan lagi di wilayah timur dan daerah lainnya.

“Karena kalau rujukan ke Doris Sylvanus di Palangka Raya kan kasihan yang jauh-jauh. Maka dari itu rumah sakit rujukan provinsi ini dibangun di kabupaten-kabupaten, sehingga meningkatkan pelayanan,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami