Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng Apresiasi Program Kampung Berkah

Pemprov Kalteng Apresiasi Program Kampung Berkah

  Redaksi   | Rabu , 26 Januari 2022
e2fe08df29186ffa805852e135e4454e.jpg
Pj Sekda Kalteng, Nuryakin, saat diwawancarai awak media belum lama ini.

KLIK.PALANGKA RAYA – Penjabat Sekda Kalteng, Nuryakin mengapresiasi, program Kampung Berkah yang diinisiasikan oleh Korem 102/Pjg sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam bidang peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Nuryakin menerangkan, Program Kampung Berkah ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah, yang salah satu mengenai peningkatan sumber daya manusia yang dimulai melalui peningkatan kesejahteraan dan pembangunan.

“Pembangunan daerah sangat perlu dilakukan dari perkambungan atau dari desa. Karena kita mulai dari kampung berkah, kemudian kecamatan berkah, kabupaten berkah dan menjadi Kalteng Berkah,” kata dia.

Melalui program Kampung Berkah ini, jelas Nuryakin, jajaran TNI turut membantu pemerintah menormalisasi perekonomian masyarakat secara berkesinambungan, melalui pengembangan berbagai sektor ekonomi, seperti pertanian, peternakan, perikanan, dan UMKM.

“Pemerintah memerlukan peran dan dukungan berbagai kalangan dalam mengembangkan program yang ada saat ini. Keberadaan program Kampung Berkah sangat bermanfaat, karena melalui itu mendukung kebijakan pemerintah,” kata Nuryakin menambahkan.

Berkaitan dengan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur, peran program Kampung Berkah ini dianggap sangat vital. Kalteng yang akan menjadi daerah penyangga ibu kota negara, akan sangat memerlukan sektor pendukung di bidang ketahanan pangan.

“Dari sisi sumber daya alam kita sangat mampu, maka tinggal dioptimalkan untuk menggali potensi itu. Sehingga kan perlu program stretegis serta dukungan berbagai pihak,” katanya mengharapkan.

Dengan adanya program Kampung Berkah itu, pemerintah bisa mengoptimalkan programnya, terutama pada bidang perikanan, pertanian, perkebunan, serta sektor usaha lain yang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah.

“Pada saat ibu kota negara sudah pindah ke Kaltim, maka Kalteng juga harus bergerak mempersiapkan diri, terutama untuk menjadi penyangga. Sehingga potensi pertanian dan lain sebagainya harus dioptimalkan dari sekarang,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami