Home News Metropolis Siapkan Poslap di Kecamatan dan Desa untuk Antisipasi Banjir saat Pemilu 2024

Siapkan Poslap di Kecamatan dan Desa untuk Antisipasi Banjir saat Pemilu 2024

  Sugianto   | Rabu , 27 Desember 2023
b9dedb8b23e7142261bd032c2f0eef81.jpg
Kepala Pelaksana BPBD Kotim Multazam.

KLIK.SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur akan menyiapkan Pos Lapangan (Poslap) siaga banjir di 17 Desa dan 5 Kecamatan yang ada di daerah itu. Hal ini untuk mengantisipasi kendala banjir pada Pemilihan Umum 2024  

"Kami akan menyiapkan beberapa pos lapangan di 17 desa dan 5 kecamatan. Karena kita akan melihat situasi dan catchment area yang terjadi untuk kami tempatkan poslap," ucap Kepala Pelaksana BPBD Kotim, Multazam, Rabu (27/12).

Selain itu, menurut Multazam pihaknya juga akan menempatkan sejumlah personel yang sudah dilengkapi peratalan di setiap posnya. Sementara, peralatan yang telah disiapkan BPBD meliputi 1 unit perahu karet, 2 unit perahu fiber, pelampung, hingga peralatan sumber kelistrikan.

Sementara itu Pemkab Kotim juga telah menetapkan status siaga banjir selana 90 hari. Selain mengacu pada kondisi terkini, status siaga banjir ditetapkan menyusul akan diselenggarakannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Seperti diketahui, kondisi geografis di Kotim berada di daerah aliran sungai yang membuat beberapa wilayah setempat rawan terjadi bencana banjir. Lalu, sering kali akses jalan di sejumlah wilayah Kotim terputus saat banjir melanda. 

Sementara itu, Asisten I Sekretariat Daerah Kotim, Rihel mengatakan pemilu merupakan salah satu hajatan kepentingan nasional. 

"Inikan hajatan kepentingan nasional. Tentunya pemerintah daerah wajib untuk mengamankan logistiknya dan juga menyukseskan gelaran Pemilu," ungkapnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami