Home Pemerintah Kotawaringin Timur Pemkab Kotim Salurkan Bantuan Warga Terdampak Banjir

Pemkab Kotim Salurkan Bantuan Warga Terdampak Banjir

  Sugianto   | Kamis , 29 Februari 2024
ffdb1599ea4aff906be4980e74826c70.jpg
Wakil Bupati Kotim Irawati beserta jajaran saat menyalurkan bantuan sembako untuk warga yang terdampak banjir, Rabu (28/2).

KLIK.SAMPIT- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menyalurkan bantuan sembako bagi warga terdampak banjir sejumlah wilayah di daerah itu, Rabu (28/2).

Wakil Bupati Kotim Irawati mengatakan, bantuan tersebut merupakan komitmen pemerintah daerah dalam membantu warganya yang terdampak banjir dan Bupati Kotim Halikinnor menginstruksikan kepadanya untuk meninjau langsung kondisi banjir yang melanda beberapa desa di wilayah Kotim.

"Alhamdulillah hari ini kami masih diberikan nikmat sehat nikmat rezeki. Sehingga kami bisa melanjutkan tugas untuk bersilaturahmi, meninjau sekaligus menyerahkan bantuan sembako kepada warga kita yang terkena bencana banjir," ucap Irawati.

Dalam penyaluran di desa tersebut, Irawati didampingi Staf Ahli Bupati Kotim Rusmiati, Kepala Dinas Sosial Kotim Hawianan, serta jajaran Forkopimcam wilayah setempat.

Adapun bantuan tersebut diberikan kepada sejumlah warga yang terdampak banjir yakni Kecamatan Parenggean : Desa Bajarau, Manjalin dan Tehang serta Kecamatan Kota Besi : Desa Hanjalipan

Adapun Isi dari paket sembako tersebut yakni beras 5 kilogram, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kilogram, teh 1 kotak, dan kecap asin 1 botol. Bantuan yang disalurkan sesuai dengan jumlah warga yang terdampak.

Irawati turut prihatin atas musibah banjir yang menimpa warganya dan dia juga berharap banjir ini cepat surut sehingga aktivitas masyarakat tidak terganggu dan mereka bisa beraktivitas dengan aman.

"Mudahan air segera surut dan intensitas hujan sudah berkurang sehingga warga yang mengungsi akibat terkena dan terdampak banjir bisa kembali beraktivitas seperti biasa

dirumah mereka masing-masing," imbuh Irawati.

Adapun Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Kotim merilis data per Rabu (28/2) ada 6 kecamatan dan 23 Desa yang terendam banjir sejak (19/2) hingga (28/2) yakni Kecamatan Cempaga Hulu, Cempaga, Tualan Hulu, Kota Besi, Kuala Kuayan dan Parenggean. 

Menurut kepala BPBD Kotim Multazam saat ini ada 4 Desa yang tergenang banjir.

"Titik banjir yang masih menggenang hingga saat ini berada di Kecamatan Kota Besi yakni Desa Hanjalipan dan Kecamatan Parenggean, Desa Bejarau, Tehang dan Manjalin," ungkapnya.

Selain itu, BPBD Kotim mencatat sebanyak 561 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir di Kotim.

Kecamatan Kota Besi: yakni Desa Hanjalipan 460 KK.

Kecamatan Parenggean : Desa Bejarau 43 KK, Tehang 23 KK dan Manjalin 35 KK.

Banjir yang merendam sejumlah Desa dengan debit air yang bervariasi dengan ketinggian 20-150 centimeter yang hingga, Kamis (29/2) masih terjadi. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami