Home News Metropolis Mudik lebih Awal, 428 Warga Perantau Meninggalkan Sampit

Mudik lebih Awal, 428 Warga Perantau Meninggalkan Sampit

  Sugianto   | Sabtu , 16 Maret 2024
39e3b2483e53f4f9e107f8733d3f4af9.jpg
Tampak penumpang berdesakan hendak keluar Terminal Pelabuhan Sampit untuk mudik.

KLIK.SAMPIT - Sebanyak 428 warga perantau mudik lebih awal meninggalkan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Pelabuhan Sampit menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (16/3).

Pihak PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Sampit, menjelaskan sejak awal Ramadan penumpang sudah mulai melakukan tradisi pulang ke kampung halaman menggunakan kapal laut.

"Sudah mulai terlihat sepekan awal Ramadan ini penumpang sudah mulai mudik," ujar Staf Pelindo III Sampit, Taufik Rifani.

Menurut dia, pada umumnya masyarakat perantau atau pendatang dari Pulau Jawa dan setiap Ramadan mereka melaksanakan pulang kampung untuk berlebaran bersama keluargam

"Penumpang biasanya menggunakan kapal. Biasanya sebagian penumpang ada yang pulang kampung lebih awal untuk kumpul keluarga di sana," kata Rifani.

Dia menambahkan pemudik ini bahkan mulai terlihat dari sebelum Ramadan sudah ada yang mudik.

"Pemudik ini sudah mulai terlihat dua pekan sebelum Ramadan," tambahnya.

Sementara seorang penumpang ditemui mengaku memilih pulang kampung lebih awal karena ingin menjalankan ibadah puasa bersama keluarga.

"Meski Ramadan belum sepekan, kami ingin mudik ke kampung halaman lebih awal. Kami ingin dapat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan bersama keluarga kampung halaman dengan waktu lebih lama," kata Supri salah seorang penumpang.

Berdasarkan pantauan tampak ratusan penumpang Kapal Motor Kirana l milik operator pelayaran PT Dharma Lautan Utama (DLU) sejak pagi memadati Terminal Pelabuhan Sampit. Mereka dengan sabar menunggu waktu embarkasi untuk naik ke atas kapal. Guna menghindari desakan antarpenumpang, saat naik ke atas kapal, embarkasi dilakukan dengan sistem buka tutup.

Adapun pada momentum arus mudik Ramadan 1445 Hijriah tahun ini, PT DLU juga telah merilis jadwal keberangkatan kapal yang menyediakan layanan rute Sampit-Surabaya dan Sampit Semarang.

Adapun jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Sampit menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menggunakan Kapal Motor (KM) Kirana III dijadwalkan, pada Selasa (19/3) pukul 10.00, Sabtu (23/3) pukul 13.00 , Sabtu (30/3) jam 07.00, Rabu (3/4) pukul 10.00 dan Minggu (7/4) pukul 13.00.

Sementara, rute keberangkatan dari Pelabuhan Sampit menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menggunakan KM Kirana I dijadwalkan berangkat Minggu (24/3) pukul 17.00, Minggu (31/3) pukul 14.00 dan Minggu (7/4) 24.00. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami