Home Peristiwa Viral! Video Penampakan Buaya Berjemur di Sekitar Kebun Sawit

Viral! Video Penampakan Buaya Berjemur di Sekitar Kebun Sawit

  Redaksi   | Sabtu , 21 Agustus 2021
9af0f2f4ddee08caa7e374d18869cc57.jpg
Penampakan buaya yang direkam warga diduga di Sungai Sepihan, Desa Basirih Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

KLIK.SAMPIT – Video yang memperlihatkan seekor buaya sedang berjemur viral di sosial media. Dalam video berdurasi kurang dari satu menit itu menunjukan seekor buaya yang besar sedang berjemur di tepi sungai yang dikelilingi pohon sawit.

Lokasi pada video tersebut diduga masih berada di wilayah Kalimantan Tengah, jika dilihat dari bahasa dan logat bicara perekam video.

"Akuy (Wow) buaya, ganalnya (besarnya) buaya, " kata si perekam video.

Sementara itu, Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Muriansyah ketika dikonfirmasi mengatakan berdasarkan informasi sementara yang ia terima, penampakan buaya tersebut berlokasi di Sungai Sepihan, Kelurahan Basirih, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kotim.

"Di Sungai Sepihan, pas di muaranya. Tahun lalu juga ada laporan dan sudah di cek. Terus awal tahun ini juga ada laporan, tapi agak ke hulu sungai dan tidak sempat dicek," ungkap Muriansyah, Sabtu (21/8).

Lanjutnya, kemunculan buaya ini disebabkan adanya ternak yang dipelihara di tepi sungai, sampah rumah tangga atau bangkai yang dibuang ke sungai sehingga menarik minat buaya tersebut.

"Besok rencananya kami akan mengecek langsung ke lokasi, sehubungan dengan video yang baru-baru ini beredar, " ucapnya.

Di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan memang sering dilaporkan adanya penampakan buaya. Selain Sungai Sepihan, Sungai Ijum dan Sungai Handil Sohor, serta beberapa sungai lain, juga sering terjadi hal serupa.

Muriansyah mengimbau masyarakat, khususnya yang bermukim di wilayah yang sering terjadi penampakan buaya, agar selalu berhati-hati saat beraktifitas sungai. Terutama pada saat gelap, malam hingga subuh, karena waktu-waktu itu buaya sering muncul ke permukaan.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami