Home Peristiwa BKSDA Pindahkan Perangkap Beruang di Lingkar Kota ke Jalan Samekto Barat

BKSDA Pindahkan Perangkap Beruang di Lingkar Kota ke Jalan Samekto Barat

  Dimas Suma Fember   | Minggu , 05 September 2021
ba5c9b43246387b09ff04828d1416735.jpg
Petugas BKSDA bersama Manggala Agni memasukkan umpan ke perangkap beruang.

KLIK. SAMPIT —  Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit memindahkan perangkap beruang di Jalan Lingkar Kota Utara ke Jalan Samekto Barat. Sebab, di wilayah ini kemunculan beruang lebih sering terjadi.

Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah menjelaskan, perangkap beruang dipasang, karena ada laporan dari warga, ada beruang yang merusak kebun nanas miliknya.

“Kami melakukan pemindahan perangkap dari kebun warga yang berada di Jalan Lingkar Utara menuju ke kebun nanas milik pak, Budi, di jalan Samekto Barat,” jelas Muriansyah.

Diungkapkannya, pemindahan tersebut karena ada laporan dari warga bahwa beruang sudah masuk di kebun miliknya. Dalam 10 hari terakhir sedikitnya ada 5 kali kemunculan beruang. Beruang masuk kebun dan merusak pohon nanas milik warga.

Dalam pemasangan perangkap, Muriansyah, menjelaskan juga memberi umpan seperti buah nanas dan hati ayam untuk menarik perhatian beruang agar masuk dalam perangkap.

Hewan liar tersebut kerap muncul di kawasan lingkungan masyarakat dan merusak kebun warga, Harapannya hewan yang dilindungi Undang-Undang tersebut bisa dievakuasi, agar tidak ada konflik dengan warga. Sehingga tidak menimbulkan korban. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami