Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng Ingin Maksimalkan Pemanfaatan Potensi Hutan

Pemprov Kalteng Ingin Maksimalkan Pemanfaatan Potensi Hutan

  Redaksi   | Rabu , 15 Desember 2021
6f9feac8bc7910b2867cddcc2892a417.jpg
Pra-kongres Kehutanan diharapkan melahirkan kebijakan untuk pelestarian dan pemanfaatan potensi hutan di Kalimantan Tengah.

KLIK. PALANGKA RAYA – Asisten III Setda Prov Kalteng, Lies Fahimah mengharapkan, seluruh pemangku kepentingan bersama pihak lainnya mampu memaksimalkan pemanfaatan potensi hutan untuk kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikannya saat pembukaa pembukaan acara Pra Kongres Kehutanan Indonesia VII Regional Kalimantan, yang dilaksanakan oleh Dewan Kehutanan Nasional (DKN), Rabu (15/12). 

Menurutnya potensi kehutanan di Indonesia, terutama di Kalteng yang memiliki hutan yang luas. Oleh karenanya, pemanfaatan sumber daya hutan ini harus dilakukan sungguh-sungguh hingga memberi dampak luar biasa untuk masyarakat.

“Sebagaimana kita tahu, pengelolaan sumber daya hutan selama ini mampu memberi pengaruh yang besar untuk pembangunan ekonomi nasional dan untuk skala daerah,” kata dia.

Apabila melihat kondisi sekarang ini, sumber daya hutan tersebut mampu memberi kontribusi besar terhadap penerimaan daerah dan negara. Dari sisi masyarakat, potensi hutan mampu menyerap banyak tenaga kerja yang lumayan besar melalui kegiatan usaha industri pengolahan kayu.

“Karena itulah sinergitas antar pihak diharapkan mampu lebih mendorong pemanfaatan potensi hutan ini. Kalau semakin bagus pemanfaatanya, maka seterusnya dapat dirasakan masyarakat lebih besar,” katanya.

Lies mengharapkan, DKN yang bermitera dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mempunya program yang arahnya untuk menjaga kelestarian hutan, yang selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Makanya pra-kongres ini tidak dijadikan kegiatan seremonial saja, tapi harus melahirkan rumusah untuk pengembangan pemanfaatan potensi hutan,” katanya mengakhiri.(KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami