Home Pemerintah Pemprov Kalteng Sukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak di Kalteng

Sukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak di Kalteng

  Redaksi   | Selasa , 15 Februari 2022
b87abdcc172fc93cdb4170ad7e8599d2.jpg
Peluncuran hari pemungutan suara Pemilu serentak 2024.

KLIK. PALANGKA RAYA – Pj Sekda Kalteng, Nuryakin mengharapkan kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan secara serentak pada Tahun 2024 yang akan datang bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan KPU RI, Pemilu serentak untuk pemilihan legislatif, baik DPR RI, DPD RI dan DPRD provinsi, dan kabupaten/kota, serta pemilihan presiden dilakukan pada 14 Februari 2024. Kemudian dilanjutkan dengan Pilkada serentak untuk pemilihan gubernur, bupati serta wali kota yang dilaksanakan pada 27 November.

“Tahapan Pemilu dan Pilkada serentak sudah dibuatkan oleh KPU RI, dan pemerintah provinsi dalam hal ini mengajak pemerintah kabupaten dan kota serta pihak terkait lainnya sama-sama menyukseskannya,” kata dia.

Mengenai anggaran untuk Pilkada, sekarang ini pemerintah provinsi bersama DPRD Kalteng masih menyusun sebuah rancangan peraturan daerah yang secara umum mengatur tentang alokasi dan dana cadangan Pilkada.

Pun demikian dengan kabupaten dan kota, dia mengharapkan mengenai kesopanan anggaran ini bisam nenadi perhatian bersama guna mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dihadapi bersama.

“Pemerintah daerah sudah harus mempersiapkan dana pencandangan melalui Perda yang dibuat. Tujuan anggaran selain karena diamanatkan undang-undang, juga untuk mensukseskan pesta demokrasi,” katanya mengharapkan.

Ditanya mengenai besaran anggaran, Nuryakin mengaku belum bisa memastikan berapa anggaran pemerintah karena masih dalam tahap verifikasi dan perhitungan. Terlebih sampai sekarang ini hanya KPU Kalteng yang telah mengusulkan kebutuhan anggaran.

“Karena ini menyangkut pilkada serentak, tentunya ada kontribusi dari kabupaten dan kota untuk turut serta mensukseskan pemungutan suara sampai penetapan,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami