Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih

Pemprov Kalteng Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih

  Redaksi   | Rabu , 23 Maret 2022
7ee091d0fc86d98036528fd91e0af8f8.jpg
Asisten Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat, Katma F Dirun.

KLIK. PALANGKA RAYA – Menghadapi Pilkada serentak 2024 yang akan datang, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendukung kesuksesan kegiatan pesta demokrasi tersebut dengan cara mendorong peningkatan partisipasi pemilih.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalteng, Katma F Dirun menyampaikan, Pilkada merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat di provinsi dan kabupaten dan kota untuk memilih gubernur, bupati, dan wali kota secara langsung dan demokratis. Sehingga dengan demikian kegiatan pesta demokrasi harus berjalan lancar dan sukses.

“Pilkada ini akan memberi kesempatan bagi setiap warga yang telah memenuhi syarat untuk berpartisipasi menggunakan hak politiknya,” kata dia, Rabu (23/3). 

Ia menyebutkan, partisipasi pemilih akan menjadi berbagai tolak ukur suksesnya pesta demokrasi. Karena dari tingkat partisipasi itu dapat dilihat sejauh mana pemahaman dan keterlibatan masyarakat dalam agenda kenegaraan, minat masyarakat dalam aktivitas politik, legitimasi dan kepercayaan masyarakat kepada pemimpin terpilih.

Ditambahkannya, bentuk partisipasi masyarakat di antaranya terlibat dalam semua tahapan penyelenggaraan, pengawasan pada setiap tahapan Pilkada, sosialisasi, serta berpatisipasi dalam pendidikan politik bagi pemilih.

“Suksesnya Pilkada tidak terlepas dari partisipasi masyarakat, karena sebagai wujud tanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya menjelaskan. 

Dikatakannya lagi, jika Pilkada ini menjadi sarana terjaminnya pergantian kepemimpinan dalam pemerintahan, serta bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.

“Pilkada merupakan sarana pengambilan keputusan bersama dalam mencapai tujuan bersama sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi. Maka dari itu harus sama-sama sukseskan dengan meningkatkan partisipasi pemilih,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami