Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng Terus Dorong Pembangunan Rel Kereta Api

Pemprov Kalteng Terus Dorong Pembangunan Rel Kereta Api

  Redaksi   | Minggu , 08 Mei 2022
fa92a52ca68653bca61c2deec7c6cfa1.jpg
Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo.

KLIK. PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menegaskan, pemerintah provinsi terus berupaya mendorong realisasi pembangunan rel kereta api yang sebelumnya telah direncanakan bersama PT Industri Kereta Api (INKA).

Terkait hal itu, pemerintah provinsi telah tercatum di dalam rencana tata ruang dan wilayah untuk pengembangan sistem jaringan transportasi perkeretaapian yang terdiri dari lima rute yang memiliki potensi dalam membantu peningkatan perekonomian dan kemudahan mobilitas bagi masyarakat.

"Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya membutuhkan sebuah perencanaan yang betul-betul tepat dan komprehensif agar upaya pengembangan jaringan perkeretaapian," kata dia.

Untuk pembangunannya, tentu akan memperhatikan keharmonisan antara jaringan jalur kereta api dan perencanaan tata ruang wilayah sesuai tatarannya, keterpaduan pengendalian pemanfaatan ruang untuk jaringan jalur kereta api guna perlindungan fungsi ruang dan pencegahan dampak negatif terhadap lingkungan akibat pembangunan jalur kereta api.

"Keterpaduan jaringan jalur kereta api sebagai satu kesatuan sistem jaringan transportasi daerah, sehingga mempermudah dan memperlancar pelayanan angkutan orang dan/atau barang," terangnya.

Edy menjelaskan, pemerintah sangat menyambut baik inisiasi yang dilakukan oleh PT INKA untuk membantu dan bersinergi dengan Pemprov Kalteng dalam melakukan kajian rencana penyelenggaraan proyek perkeretaapian sebagaimana telah ditegaskan dalam tata ruang dan wilayah.

Dia menambahkan, melalui kajian bersama yang telah dilakukan, akan menghasilkan dokumen perencanaan jaringan transportasi perkeretaapian yang akan memberikan rekomendasi terkait pola konektivitas yang makin baik. 

"Sehingga yan diharapkan, seperti mobilitas masyarakat akan makin mudah dan lancar, serta titik-titik perekonomian baru akan tumbuh dapat terwujud," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami