Home Pemerintah Pemprov Kalteng Sambut Baik Keberadaan Balai Pelestarian Kebudayaan

Sambut Baik Keberadaan Balai Pelestarian Kebudayaan

  Redaksi   | Minggu , 15 Mei 2022
e58e67a98741d91277e45422cac161c1.jpg
Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo.

KLIK.PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo mengakui, jika pemerintah sangat menyambut baik atas terbentuknya Balai Pelestarian Kebudayaan di provinsi ini. Rencanannya balai tersebut akan dibangun tahun ini, sehingga diharapkan terkait urusan pelestarian budaya akan lebih fokus tertangani. 

Edy mengatakan, keberadaan Balai Pelestarian Kebudayaan ini akan memiliki fungsi yang sangat vital karena Kalteng memiliki potensi Objek yang Diduga Cagar Budaya (ODCB) cukup banyak dan tersebar di kabupaten dan kota.

“Tentu cagar budaya yang terutamanya ODCB memang perlu kita gali lagi, sehingga adanya Balai Pelestarian Kebudayaan akan sangat mendukung hal itu,” kata dia.

Lebih lanjut Edy memaparkan, pendirian Balai tersebut sangat strategis, karena ke depannya dengan berdirinya balai ini, nantinya akan membutuhkan sumber daya manusia dari berbagai disiplin ilmu secara tidak langsung juga memberikan kesempatan atau peluang bagi generasi muda Kalteng. 

Di satu sisi, Kalteng pun sangat potensial mengingat provinsi ini merupakan provinsi penyangga dan beririsan langsung dengan ibu kota negara, yang artinya semua potensi harus dioptimalkan mulai dari sisi ekonomi hingga yang berkaitan dengan kebudayaan. 

“Inikan langkah maju dalam pelestarian budaya yang merupakan kearifan lokal kita. Jadi memang pemerintah dan masyarakat harus sama-sama mengotimalkan keberadaan potensi itu,” katanya menegaskan.

Pemanfaatan dan pelestarian kebudayaan akan member dampak positif yang luas. Salah satunya berdampak terhadap pariwisata dan peningkatan kunjungan wisatawan, yang pada akhirnya mampu meningkatkan perekonomian daerah.

“Pemerintah provinsi tetap akan mendorong Balai Pelestarian Kebudayaan Kalteng melakukan hal yang berinovasi, sehingga dampak positif yang diharapkan dapat dirasakan secara luas,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami