Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng Dukung Pelaksanaan Reformasi Agraria

Pemprov Kalteng Dukung Pelaksanaan Reformasi Agraria

  Redaksi   | Minggu , 19 Juni 2022
df036caf4df80e1ff495e2d8cad01a9f.jpg
Sekda Kalteng, Nuryakin.

KLIK.PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Nuryakin menegaskan, pemerintah provinsi mendukung berbagai program pemerintah pusat di bidang pertahanan, khususnya yang berkaitan dengan pelaksanaan reformasi agraria.

Ia menyebutkan, program yang diakomodasi dalam pelaksanaan reformasi agraria ini menjadi perhatian utama pemerintah, mengingat di Kalteng sendiri cukup banyak lini yang perlu diperhatikan berkaitan dengan program tersebut.

"Yang pasti pertamanya ikut serta dalam kelembagaan reforma agraria dalam bentuk Tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA), di mana dikerjasamakan dengan Kanwil BPN Kalteng," kata dia.

Untuk memaksimalkan program tersebut secara luas, pemerintah provinsi juga memfasilitasi pemerintah kabupaten dan kota untuk melaksanakan reforma agraria dengan membentuk Tim GTRA di masing-masing daerah. 

Di satu sisi, Pemprov Kalteng memalui instansi terkaitnya dalam hal ini Dinas Pertahanan Pemukiman dan Pertahanan (Disperkimtan) telah merencanakan program dalam mendukung pelaksanaan reforma agraria melalui fungsi koordinasi, fasilitasi dan inventarisasi. 

"Pemerintah melakukan koordinasi dengan Kanwil BPN dan kantor pertahanan kabupaten dan kota dalam wadah GTRA provinsi," katanya menegaskan.

Dari sekian program yang ada, pemerintah provinsi mendorong kabupaten dan kotayang terkait dalam penataan akses reforma agraria memaksimalkan perannya dengan melakukan pemetaan sosial, peningkatan kapasitas kelembagaan, pendampingan usaha, peningkatan keterampilan, dan penggunaan teknologi tepat guna.

"Yang pastinya harus ada dorongan fasilitasi akses permodalan dan pemasaran, penguatan basis data komoditas dan penyediaan infrastruktur sesuai dengan kewenangannya," katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami