Home Pemerintah Pemprov Kalteng KPU Kalteng Terus Mensosialisasikan Tahapan Pemilu 2024

KPU Kalteng Terus Mensosialisasikan Tahapan Pemilu 2024

  Redaksi   | Rabu , 29 Juni 2022
3cfefa07da64658266d1f5347b20391e.jpg
Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim mensosialisasi tahapan Pemilu 2024.

KLIK.PALANGKA RAYA – Ketua KPU Kalimantan Tengah (Kalteng), Harmain Ibrohim mengingatkan, seluruh elemen masyarakat agar memahami seluruh pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada tahun 2024 yang akan datang.

Pemilihan yang dijadwalkan pada 14 Februari 2024 nanti tidak hanya sebatas memilih presiden dan wakil presiden. Namun demikian, masyarakat harus mengetahui pada tanggal yang sama juga dilaksanakan pemilihan calon anggota DPR-RI, DPD-RI, DPRD untuk provinsi, kabupaten dan kota.

“Memang harus disosialisasikan terus. Supaya masyarakat kita tahu kalau Pemilu serentak tidak hanya pemilihan presiden dan wakil presiden, akan tetapi ada juga pemilihan anggota legislatif,” kata dia, Rabu (29/6)

Tidak hanya itu, pemilihan pada tahun 2024 juga diiringi dengan pemilihan kepala daerah serentak, baik pemilihan gubernur, bupati dan wali kota. Pemilihan kepala daerah serentak se-Indonesia itu dilaksanakan pada 27 November 2024.

“Untuk Kalteng dilaksanakan pemilihan gubernur bersamaan dengan bupati dan wali kota di 14 daerah secara bersamaan. Maka dari itu agenda pemilihan pada tahun 2024 harus sama-sama disosialisasikan agar masyarakat tahu,” katanya mengharapkan.

Berkaitan dengan tahapan Pemilu 2024, KPU Kalteng sekarang ini telah merekapitulasi data pemilih berkelanjutan untuk melihat gambaran jumlah pemilih di provinsi ini. Berdasarkan data sementara per bulan Mei yang lalu, data pemilih berkelanjutan sebanyak 1,7 juta lebih.

Lebih lanjut dia mengatakan, KPU terus mendata daftar pemilih berkelanjutan sampai dikeluarkannya daftar pemilih potensial dari Kementerian Dalam Negeri pada bulan Oktober yang akan datang.

“Tahapannya masih lama, satu per satu dikerjakan untuk menyelesaikan secara keseluruhan. Termasuk juga mengenai edukasi dan sosialisasi dijalankan dengan harapan Pemilu nanti dapat terlaksana dengan sukses dan lancar,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami