Home Peristiwa Awal Tahun 2023 Kotim Disambut Kebakaran Lahan

Awal Tahun 2023 Kotim Disambut Kebakaran Lahan

  Redaksi   | Minggu , 01 Januari 2023
27de7af25e5c216683c9e14dfc81e3af.jpg
Kebakaran lahan yang melanda di Jalan Jenderal sudirman Kilometer 30 Sampit, Minggu (1/1).

KLIK.SAMPIT - Kebakaran lahan menyambut pembukaan tahun 2023, di Kabupaten Kotawaringin Timur, Minggu (1/1). Kebakaran terjadi di sejumlah wilayah baik di dalam maupun dalam Kota Sampit.

Salah satu kawasan yang terbakar yakni di jalan Jendral Sudirman Kilimeter 30. Lokasi kebakarab berada di arah masuk Kebun Raya Sampit. 

"Informasi diterima sekitar pukul 13.15. Sebanyak 1 unit armadan dengan 4 personelbdikerahkan ke lokasi kejadian kebakaran," ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kotim Hawianan. 

Pihak Disdamkarmat Kotim menduga kebakaran terjadi karena faktor alam. Sebab saat ini telah memasuki musim kemarau.

Adapun luas lahan yang terbakar adalah kurang lebih 60 meter x 60 meter, yang merupakan tumbuhan semak. 

"Diperlukan waktu kurang lebih 30 menit dalam operasi pemadaman hingga selesai," katanya. 

Sementara itu kebajaran lahan lebih besar juga terjadi di Jalan Jenderal Sudirman Kilometer 30, 4 sekitar pukuk 13.15. Luas lahan yang terbakar yakni 200 meter X 200 meter. 

" Di lokasi ini 2 unit armada dikerahkan dengan personel sebanyak 10 orang. Ditambah bantuan dari BPDB dan Manggala Agni untuk penanganan pemadam di lokasi kejadian kebakaran," terangnya. 

Tak hanya di luar Kota Sampit, kebakaran juga terjadi di lahan di dalam Kota Sampit di antaranya di Jalan Pramuka tepatnya Jalan Madiun Ngawi. Serta Jalan Tjilik Riwut dekat dengan asrama Kipan A Yonif 361 Antang. 

"Kami mengimbau agar masyarakat waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan. Serta tidak membuka lahan dengan cara membakar," imbaunya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami