Home Pemerintah Kotawaringin Timur Halikinnor Mengajak Laung Kuning Banjar Bersinergi Bangun Kotim

Halikinnor Mengajak Laung Kuning Banjar Bersinergi Bangun Kotim

  Redaksi   | Sabtu , 14 Januari 2023
a369c8accc3bbcb8c01f9eca44ecc25c.jpg
Bupati Kotim Halikinnor saat memberikan sambutan saat pengukuhan Laung Kuning Banjar DPC Kota Sampit, di Gedung Serbaguna Sampit, Sabtu (14/1).

KLIK.SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mengajak Organisasi Laung Kuning Banjar bersinergi dalam membangun daerah itu. Apalagi sejauh ini orang banjar banyak terlibat dalam pemerintahan dan berbagai bidang lainnya.

“Kami berharap Laung Kuning Banjar dapat bersinergi dengan pemerintah. Karena orang banjar itu ada yang pedagang ada yang menjadi pejabat. Mudahan bisa mewarnai daerah kita dan bisa cepat maju. Sesuai motto kita Habaring Hurung atau gotong royong,” ucap Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, Sabtu (14/1).

Halikinnor juga berharap keberadaan organisasi Laung Kuning Banjar menjadi wadah untuk bersilaturahmi dan memikirkan kemaslahatan masyarakat.

Di sisi lain keberadaan Laung Kuning Banjar juga diharapkan dapat menjaga dan melestarikan tradisi dan budaya banjar di Kabupaten Kotawaringin Timur, yang saat ini sudah tergerus oleh zaman

“Sebagai contoh tradisi bacuur atau bercerita yang biasa dilakukan oleh orang banjar , kini jarang ditemui lagi. Ini penting untuk memperkaya khazanah budaya di bumi Habaring Hurung ini,” katanya.

Halikinnor mengakui, masyarakat banjar dikenal sebagai masyarakat yang kaya akan adat istiadat dan budaya. Hal ini patut dipertahankan sebagai wadah awal membina mental dan akhlak generasi penerus.

Sementara itu Ketua Dewan Perwakilan Cabang Laung Kuning Banjar Kota Sampit Darmansyah Jauhdi mengatakan, pihaknya juga memiliki misi sama dengan yang diharapkan pemerintah daerah, yakni melestarikan tradisi, budaya dan kesenian masyarakat banjar di Kotim.

“Kami akui banyak tradisi budaya banjar yang mulai dilupakan, seperti maayun anak, balogo, dan lainnya. Itu juga harapan kami untuk Laung Kuning Banjar di Kotim,” kata Darmansyah.

Hal senada juga dikatakan Sekretaris DPC Laung Kuning Banjar Kota Sampit Mahfuz, pihaknya akan berupaya menghidupkan kembali berbagai hal yang berkaitan dengan masyarakat banjar yang mulai dilupakan.

“Kami berharap ingin menghidupkan lagi adat istiadat bacuur yang mulai tenggelam. Sehingga apabila dihidupkan lagi, akan dapat turut menjaga keamanan ketertiban di masyarakat. Rakat tarus badingsanakan,” ucapnya Mahfuz.

Laung Kuning Banjar merupakan organisasi kemasyarakatan yang berisi perkumpulan masyarakat asli keturunan banjar di seluruh Kalimantan. Bahkan di seluruh Indonesia dan mancanegara. 

Pengukuhan Laung Kuning Banjar DPC Kota Sampit dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Sabtu (14/1). Pengukuhan dihadiri oleh Ketua DPP Laung Kuning Banjar Abdul Samad, dan sejumlah pejabat penting di lingkup organisasi kemasyarakatan tersebut. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami