Home Pemerintah Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng Fokus Empat Program Prioritas

Pemprov Kalteng Fokus Empat Program Prioritas

  Redaksi   | Rabu , 13 April 2022
e5a5b6ba60ab3b788c241633c3f7c46d.jpg
Gubernur kalteng, Sugianto Sabran,memberi keterangan didampingi Wakil Gubernur, Edy Pratowo.

KLIK. PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menegaskan, pemerintah provinsi sangat fokus terhadap empat program prioritas, yakni infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan perekonomian dalam artian luas.

Dikatakan dia, pada bidang infrastruktur pemerintah telah melaksanakan terobosan strategis melalui program mutliyears untuk pembangunan dan peningkatan ruas jalan untuk membuka isolasi daerah dan menumbuhkan perekonomian masyarakat. 

“Program pembangunan infrastruktur tetap kita prioritaskan, seperti jalan, jembatan, irigasi, pengembangan pelabuhan udara, dan pembangunan pelabuhan laut, dengan pagu indikatif tahun 2022-2024 sebesar Rp 2,1 triliun,” kata dia.

Sementara di bidang pendidikan, pemerintah provinsi mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia dengan telah memberikan bantuan sosial fungsi pendidikan kepada putra dan putri Kalteng yang berprestasi dan kurang mampu.

“Pendidikan sangat memegang peranan penting dalam pembangunan daerah, karena itulah pemerintah sangat memprioritaskan bidang ini,” katanya menegaskan.

Sugianto menambahkan, untuk bidang kesehatan pemerintah telah mendukung pelaksanaan penanganan Covid-19 dan vaksinasi, dengan melakukan sampai dosis tiga atau booster sebagai upaya memutus mata rantai penularan.

Di bidang kesehatan lainnya, cakupan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahun 2021 diklaim telah mencapai 89,44 persen. Selain itu, pengembangan sarana dan prasarana rumah sakit akan menjadi prioritas untuk menjamin kesehatan masyarakat Kalteng.

“Pemerintah menekankan pembangunan bidang kesehatan karena kaitannya dengan masalah sosial, sehingga semua diperhatikan, mulai dari sarana dan prasarana hingga sumber daya manusianya,” kata Sugianto.

Selanjutnya untuk bidang perekonomian dalam artian luas, pemerintah provinsi memfokuskan kegiatan pembangunan food estate dan bidang-bidang pertanian dan perkebunan yang bisa memberi nilai tambah bagi daerah dan masyarakat.

“Di bidang ekonomi ini kita juga fokus terhadap UMKM, sehingga semua sektor ekonomi bisa dipacu dan peningkatannya sangat besar,” katanya mengakhiri. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami