Home Pemerintah Kotawaringin Barat Generasi Muda Kobar Dipacu Kreativitas Kesenian untuk Kemajuan Daerah

Generasi Muda Kobar Dipacu Kreativitas Kesenian untuk Kemajuan Daerah

  Sugianto   | Senin , 29 April 2024
e435ffb2fcf8b14b3490fc2983ee0936.jpg
Penampilan seni tari dalam ajang Festival Marunting Batu Aji 2023 Kabupaten Kotawaringin Barat.

KLIK. PANGKALAN BUN - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat memacu kalangan muda untuk meningkatkan kreativitas di bidang kesenian. Sehingga akan berdampak terhadap kemajuan daerah ke depannya. 
Sekretaris Daerah  Kotawaringin Barat Rody Iskandar menilai seni bukan hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga merupakan cerminan dari nilai-nilai, tradisi, dan sejarah suatu bangsa.
Rody menyampaikan bahwa masyarakat lokal harus tetap terhubung dengan akar historisnya, termasuk dalam konteks agama, sosial, politik, ekonomi, dan kultural. 
"Ini menggarisbawahi pentingnya memahami dan memelihara warisan budaya untuk memperkaya identitas kolektif sebuah masyarakat. Ketika masyarakat terhubung dengan akar historisnya, mereka mampu memperkuat jati diri mereka sendiri dan merasa lebih terikat pada nilai-nilai budaya yang mereka anut, " katanya, belum lama ini. 
Dalam konteks yang lebih luas, seni juga memiliki peran dalam mempromosikan pemahaman lintas budaya dan mempererat hubungan antarbangsa, kata Rody Iskandar.
Menurutnya, melalui seni orang dapat memahami dan menghargai keberagaman budaya di dunia ini. Oleh karena itu, dukungan terhadap perkembangan seni dan budaya tidak hanya penting untuk memperkuat identitas lokal. Namun juga untuk membangun jembatan antara berbagai komunitas dan negara di seluruh dunia.
"Pernyataan ini mencerminkan pentingnya seni dalam membentuk karakter dan identitas manusia serta memperkukuh hubungan antarmanusia melalui pemahaman dan penghargaan terhadap budaya yang beragam," katanya. 
Harapannya adalah agar kita mampu melestarikan budaya kita dengan lebih baik dan lebih indah, menjauhkannya dari kegersangan yang bisa mengancam keberlangsungan warisan budaya kita. 
Dengan begitu, semangat masyarakat, terutama generasi muda di Kotawaringin Barat, akan semakin terpacu untuk menjaga dan mempromosikan seni dan budaya lokal sebagai daya tarik bagi wisatawan. 
"Hal ini mencerminkan kesadaran akan pentingnya melestarikan budaya sebagai bagian dari identitas kolektif kita, serta potensi ekonomi dan pariwisata yang bisa dihasilkan dari upaya tersebut," pungkasnya. (KLIK-RED)

Baca Juga

Ikuti Kami